Adsense Bikin Lambat? Begini Cara Mengatasi

Bagikan

Produk Google namun memberikan efek buruk dalam kecepatan website salah satunya adalah Adsense. Apakah bisa mengatasi kode Adsense yang kerap “disalahkan” sebagai penyebab website menjadi lambat?

Kalau Anda gemar mengukur kecepatan website terutama berbasis WordPress, muncul peringatan yang disebabkan oleh kode Google Adsense yang dianggap sebagai penyebab kelemotan.

Kode pihak ketiga (script yang berasal dari penyimpanan diluar hosting) seperti kode Adsense ini memang akan menimbulkan beberapa masalah seperti yang disebut diatas.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasinya adalah dengan cara “menunda” scripts tersebut. Untuk Adsense, ada sebuah metode “lazy load” yang sudah banyak diterapkan dan tersebar tutorialnya di internet.

Namun sayang, metode lazy load Adsense memiliki kelemahan. Apa kelemahan metode lazy load Adsense?

Kelemahan utamanya adalah adanya penurunan impresi (impression) pendapatan Adsense.

Mengejar kecepatan website namun pendapatan Adsense menurun? Jangan dong.

Seorang ahli optimasi WordPress yaitu Gijo Varghese membuat plugin bernama Flying Scripts yang bisa membantu mengatasi masalah ini. Kami sudah menerapkan metode ini dan berfungsi sangat baik dan tidak ada penurunan impresi pada Adsense.

Baik tidak perlu panjang lebar lagi kami akan membantu Anda mengatasi masalah Adsense yang dianggap sebagai penyebab website menjadi lambat.

Gambar berikut ini menunjukkan salah satu blog yang kami kelola. Blog menggunakan Adsense dan belum dioptimasi (maaf kami sensor alamat blog).

Adsense Bikin Lambat
Blog sebelum optimasi Adsense

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kode yang berasal dari Adsense dianggap sebagai indikator yang “merusak” kecepatan.

Silahkan Anda menginstal plugin Flying Scripts by WP Speed Matters. Akan terlihat seperti gambar berikut ini.

Adsense Bikin Lambat
Pengaturan Flying Scripts
  • Include Keywords: adsbygoogle.js
  • Timeout: 5s.

Untuk mengoptimasi kode Adsense, masukkan script utamanya saja yaitu adsbygoogle.js (tidak perlu memasukkan kode adsense).

Untuk timeout, Anda bisa memperkecil menjadi 1, 2, 3, dan 4 detik silahkan bereksperimen mana yang sesuai kebutuhan. Jangan lebih dari 5 detik karena 5 detik sudah batas terbaik dan teraman.

Baca juga: Optimasi Gambar WordPress dengan CDN Gratis

Hasilnya langsung terlihat nyata.

Adsense Bikin Lambat
Blog setelah optimasi Adsense

Kami sudah menggunakan metode ini selama hampir 3 bulan dan tidak ada penurunan performa pendapatan (impresi) di Adsense.

Disclaimer:

  • Hasil bisa berbeda pada masing-masing website WordPress.
  • Kami tidak bertanggungjawab atas apapun yang terjadi dengan Adsense Anda setelah menerapkan metode ini.

Silahkan bereksperimen dengan metode diatas untuk mempercepat WordPress Anda yang memiliki kode Adsense.

Tinggalkan komentar