Fungsi Child Theme WordPress dan Kelebihannya

Apa itu child theme WordPress? Beberapa dari Anda mungkin belum paham dan masih bingung tentang child theme ini. Berikut penjelasannya.

WPNesia sering mendapatkan pertanyaan dari beberapa customer yang menanyakan tentang child theme setelah menggunakan jasa install theme WordPress dari kami. Daripada menjawab berulang-ulang, maka lebih baik membuatkan artikel khusus tentang child theme WordPress.

Apa itu child theme wordpress
Contoh Child Theme GeneratePress

Ketika melakukan instalasi theme WordPress, pada umumnya yang di-install pertama kali adalah parent theme (tema induk).

Parent theme ini adalah theme yang komplit, artinya memiliki file template sepenuhnya dan aset-aset yang dibutuhkan supaya theme berfungsi.

Parent theme ini memiliki file-file yang dibutuhkan seperti index.php dan style.css beserta beberapa file pendukung lain seperti file php, grafis, JavaScript, dan file teks.

Apa Itu Child Theme WordPress?

Child theme adalah subtema yang mewarisi tampilan dan fungsi dari parent theme (tema induk). Saat kita memodifikasi child theme, perubahan akan diterapkan pada parent theme namun konfigurasi disimpan terpisah dari parent theme.

Dan sebaliknya, kalau Anda melakukan modifikasi langsung ke parent theme, maka konfigurasi akan tetap disimpan di file parent theme dan tidak ada yang tersimpan di child theme.

Fungsi Child Theme WordPress

Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan child theme memiliki fungsi untuk melakukan modifikasi tampilan dan fungsi parent theme tanpa harus menyentuh kode utama parent theme.

Tanpa child theme, Anda harus mengedit langsung di parent theme yang artinya jika theme terupdate, semua editan yang Anda lakukan sebelumnya akan hilang karena ditimpa dengan kode-kode baru.

Yang harus dipahami, segala modifikasi dan konfigurasi yang dimaksud adalah yang dilakukan langsung di theme file editor atau editor berkas tema, bukan yang dilakukan di customize (sesuaikan).

child theme wordpress
Theme file editor

Jadi meski Anda tidak memakai child theme (langsung parent theme), segala modifikasi dan konfigurasi yang dilakukan di customize tetap akan tersimpan dan meski ada update theme tetap aman tidak hilang.

child theme wordpress
Halaman customize theme

Kelebihan Menggunakan Child Theme

Menggunakan child theme bisa memberikan beberapa kelebihan seperti:

  • Aman melakukan modifikasi theme tanpa harus menyentuh kode parent theme
  • File hasil konfigurasi dan modifikasi tersimpan terpisah dari parent theme
  • File hasil konfigurasi dan modifikasi mudah disalin dan dipindahkan dari satu situs ke situs lainnya
  • Cocok untuk Anda yang suka modifikasi atau bahkan mengembangkan tampilan theme bebas resiko error.

Alternatif Child Theme

Untuk mengedit file-file di theme file editor tanpa harus menggunakan child theme, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan plugin seperti Code Snippets.

Plugin ini bisa membantu Anda memasukkan baris kode ke dalam function.php atau file lain yang diperlukan tanpa harus memodifikasi langsung ke file tersebut. Dan setiap ada update theme, kode yang Anda masukkan melalui Code Snippets tetap aman dan tidak hilang.

Jadi, apakah Anda sudah paham tentang child theme WordPress?

Baca juga:

Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002 sebagai part-time blogger dan internet marketer. Tertarik dengan teknologi pada umumnya, pengembangan website dan gadget pada khususnya.

Leave a Comment

Klik Webnesia