Cara Cek Kecepatan WordPress yang Tepat

Membahas kecepatan sebuah situs berbasis WordPress seolah seperti tidak pernah ada habisnya. Memang selain SEO (Search Engine Optimization), kecepatan adalah hal yang harus kita perhatikan sebagai webmaster. Saya akan membahas tentang cara cek kecepatan WordPress yang baik dan benar.

Mungkin Anda pernah melihat anggota di beberapa forum-forum atau grup tentang WordPress berlomba-lomba mempertontonkan hasil cek kecepatan WordPress milik mereka. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut karena hal itu adalah kebanggaan hasil kerja keras mereka dalam melakukan optimasi.

Apa yang Salah Dengan Cara Cek Kecepatan WordPress?

GTmetrix adalah tool pengujian kecepatan WordPress sejuta umat alias yang paling dan sangat populer. Untungnya mereka saat ini sudah melakukan update dengan menyertakan Web Vitals yang akan menjadi ranking factor Google search nantinya.

Banyak yang berlomba-lomba menunjukkan skor GTmetrix yang sekali lagi ini adalah sebuah hal yang wajar karena itu adalah hasil kerja keras mereka (atau mungkin menggunakan jasa).

Hanya terkadang yang membuat saya “sedih”, yang dipertunjukkan adalah sebuah skor ekselen namun menurut saya kurang tepat. Kenapa kurang tepat? Saya ambil contoh berikut ini.

Cek Kecepatan WordPress
Cek kecepatan wpnesia di gtmetrix

Terlihat wow bukan? Namun saya rasa ada kurang tepat pada pengujian kecepatan tersebut. Apa yang Anda perhatikan?

Sama seperti sebagian orang yang gemar mempertontonkan skor pengujian WordPress milik mereka, kesalahannya menurut saya adalah ketika melakukan cek kecepatan tersebut koneksi tidak ditentukan (connection: off). Ya jelas saja skor atau nilai pengujiannya akan memberikan hasil yang memukau.

Kenapa? Ya karena ketika “Connection: off” kondisinya adalah jaringan yang digunakan untuk pengujian adalah jalur internet bebas hambatan (unthrottled internet connection). Tentu ini bukanlah hasil yang adil.

Anda harus paham dan tahu seperti apakah pengunjung situs WordPress milik Anda. Perhatikan para pengunjung yang mengunjungi situs WordPress Anda apakah didominasi pengunjung mobile (ponsel) atau dari komputer.

Jika pengunjung didominasi dari orang yang menggunakan perangkat komputer atau laptop, lakukan pengujian menggunakan connection Broandband. Dan jika mayoritas menggunakan ponsel, pilihlah connection 3G atau LTE Mobile.

Cek Kecepatan WordPress
Cek kecepatan wpnesia di gtmetrix dengan LTE mobile

Diatas saya menggunakan connection: LTE Mobile. Oke pertanyaannya apakah hasilnya kalau seperti itu sudah ideal? Belum dong, tidak adil rasanya jika yang diuji adalah halaman homepage. Karena ketika pengunjung datang dari search engine maka yang dituju adalah langsung ke post atau artikel.

Saya sarankan Anda melakukan pengujian ke link artikel dengan connection tetap berada di LTE Mobile. Oke baik tantangan diterima!

Cek Kecepatan WordPress
Cek kecepatan artikel wpnesia di gtmetrix dengan LTE mobile

Pertanyaan lanjutkan muncul: apakah hasil tes tersebut sudah ideal? Jawabannya: masih setengah ideal jika Anda memperhatikan skor di kolom GTmetrix Grade (nilai A, Performance dan Structure). Tapi ini sudah setengah jalan menuju sebuah keidealan.

Baca juga: 4 Plugin Backup WordPress Gratis & Terbaik

Ideal jika Anda memperhatikan hasil pada kolom Web Vitals.

Cek Kecepatan WordPress
Web Vitals di GTmetrix

Sekarang mari kita merubah pembahasannya. Yaitu tentang web vitals yang nantinya akan menjadi salah satu faktor bagi Google untuk menentukan peringkat di mesin pencarian. Inilah yang harus Anda capai, bukan grade A atau apapun yang menjadi nilai 100% di GTmetrix.

Cek Kecepatan WordPress
Web Vitals menjadi faktor menentukan peringkat

Saya lebih suka melakukan pengujian seperti ini di Pagespeed Insight atau di web.dev untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki pada web vitals.

Cek Kecepatan WordPress
Hasil cek wpnesia di PSI

Kenapa skor 100 saya silang? Skor 100 sangat bagus tapi cara cek kecepatan WordPress yang benar bukanlah memperhatikan nilai 100 tersebut. Perhatikan yang saya beri kotak warna merah. Itulah yang harus Anda kejar (koneksi mobile dengan web vitals yang sesuai standar Google).

Oh iya saya lupa, harusnya bukan homepage yang dicek. Baik berikut saya lampirkan hasil cek di artikel.

Cek Kecepatan WordPress
Hasil cek artikel wpnesia di PSI

Bagaimana untuk mendapatkan hasil penilaian web vitals yang ideal? Ada beberapa faktor yang bisa menunjang kecepatan sebuah situs WordPress:

  • Hosting yang mumpuni.
  • Pemilihan dan konfigurasi plugin cache yang tepat.
  • Pemilihan theme WordPress yang ideal.

Satu hal terakhir yang penting untuk diketahui adalah tool pengujian skor kecepetan seperti GTmetrix, PSI dan sebagainya hanyalah mesin. Kita membangun sebuah website atau blog adalah untuk pengunjung manusia.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Dashboard WordPress Lambat

Jadi tugas kita adalah membangun situs WordPress yang cepat untuk diakses oleh manusia dengan bantuan perangkatnya (ponsel, komputer dan sebagainya). Jadi blog Anda harus lulus uji tes mata manusia yang artinya adalah semua konten blog Anda bisa tersaji secara cepat untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Kesimpulan

Jadi, cara cek kecepatan WordPress yang ideal menurut saya adalah:

  • Gunakan koneksi mobile data.
  • Tes halaman artikel atau postingan.
  • Kejar nilai web vitals yang baik untuk mempersiapkan penentuan peringkat Google search engine.
  • Skor A atau 100% akan mubazir jika nilai web vitals WordPress buruk.
  • Pastikan blog Anda bisa dengan cepat menyajikan konten utama ketika pengunjung membuka artikel.

Catatan: artikel dibuat bukan untuk tujuan pamer. Namun lebih ke arah memberikan panduan yang benar bagaimana cara melakukan cek kecepatan sebuah website WordPress agar harapannya bisa melakukan optimasi yang tepat.

Bagikan

2 pemikiran pada “Cara Cek Kecepatan WordPress yang Tepat”

  1. Om, nanya dong.. website wpnesia ini pakai vps kah?.
    Atau pakai hosting biasa?.
    Boleh minta saran om hosting yg bagus, atau minta rekomendasi nya.
    Soalnya saya dah optimasi seperti yg di wpnesia ini masih aja banyak yg merah, bahkan nilai nya di bawah 50.
    Terimakasih sebelumnya om.

    Balas
    • Kalau hasil optimasi belum memuaskan memang tergantung beberapa faktor. Pakai plugin cache apa?

      Saat ini wpnesia menggunakan GCP (Google Cloud Platform) yang dibeli melalui layanan webnesia.co.id

      Balas

Tinggalkan komentar