4 Plugin Backup WordPress Gratis & Terbaik

Ada banyak pilihan plugin backup WordPress gratis yang bisa dipilih di WordPress repository. Bingung memilih? Inilah beberapa pilihan terbaik versi WPNesia.id.

Jika Anda mungkin sedang bingung memilih mana yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan, saya akan membantu Anda untuk memilihnya.

Plugin Backup WordPress Gratis
Plugin Backup WordPress Gratis (freepik)

Melakukan backup atau pencadangan situs WordPress adalah hal penting yang harus Anda lakukan sebagai webmaster. Percayalah, meski mungkin saat ini Anda merasa tidak membutuhkannya, saya yakin suatu saat hal ini akan sangat bermanfaat.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, banyak pilihan plugin untuk membantu melakukan backup WordPress. Diantara beberapa plugin backup WordPress gratis yang sudah pernah saya coba, ada beberapa diantaranya yang menurut saya sesuai dengan harapan saya pribadi.

Jika Anda sedang mencari-carinya, silahkan mencoba atau setidaknya mempertimbangkan beberapa pilihan plugin backup WordPress gratisan berikut ini.

1. BackWPup

BackWPup tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis menurut saya sudah lengkap dengan pilihan lokasi backup secara lokal maupun cloud. Tersedia juga penjadwalan backup secara otomatis.

Plugin Backup WordPress Gratis
Plugin Backup WordPress Gratis: BackWPup

Pilihan backup ke cloud untuk versi gratisnya adalah:

  • Dropbox
  • Amazon S3
  • Microsoft Azure
  • RackSpaceCloud
  • SugarSync.

Sayangnya untuk versi gratisnya tidak menyediakan pilihan backup ke Google Drive (hanya pada versi berbayar).

2. All-in-One WP Migration

Awalnya ini adalah plugin untuk membantu proses migrasi WordPress. Namun pada perjalannya ternyata fiturnya bertambah dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan backup situs WordPress.

Plugin Backup WordPress Gratis
Plugin Backup WordPress Gratis: All-in-One WP Migration

Ada versi gratis dan berbayar di plugin ini. Pada versi gratis batasannya adalah pada besaran file yang bisa diekspor dan impor.

Pilihan export bisa dipilih lokal atau diupload ke layanan cloud seperti DropBox dan Google Drive. Dan kekurangannya adalah tidak ada penjadwalan otomatis dan semua proses harus Anda lakukan manual.

3. WPvivid

WPvivid adalah pilihan lain plugin backup WordPress yang sangat lengkap untuk versi gratisnya. Plugin ini juga pada awalnya adalah peralatan untuk melakukan migrasi WordPress. Namun seiring waktu fiturnya makin lengkap termasuk untuk melakukan backup.

Plugin Backup WordPress Gratis
Plugin Backup WordPress Gratis: WPvivid

Kebutuhan backup WordPress disediakan cukup lengkap seperti proses bakcup otomatis dan upload file backup ke layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, Microsoft OneDrive dan Amazon S3.

4. UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah plugin backup WordPress gratis yang sangat populer. Versi gratisnya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan backup WordPress. UpdraftPlus bisa melakukan backup secara keseluruhan maupun partial (theme, file, database dan plugin).

Selain itu pilihan penyimpanan cloud sangat banyak pada versi gratisnya. Salah satunya adalah Google Drive. Kelemahannya mungkin untuk versi gratisnya adalah jam atau waktu penjadwalan backup otomatis tidak bisa ditentukan. Hanya interval waktu yang bisa kita pilih.

Plugin Backup WordPress Gratis
Pilihan cloud service di plugin UpdraftPlus

Jadi seandainya kita melakukan konfigurasi plugin pada jam 13.00, maka proses penjadwalan backup otomatis akan dilakukan tiap jam 13.00 seterusnya. Pada versi berbayar Anda bisa memilih jam backup sesuai keinginan.

Baca juga:

Kesimpulan

Mana yang terbaik menurut saya? Pilihan saya adalah UpdraftPlus. Versi gratisnya sudah sangat mencukupi kebutuhan backup WordPress. Backup otomatis sesuai jadwal, pilihan cloud storage yang lebih banyak, pilihan backup secara penuh maupun partial dan yang penting lagi adalah ringan. Jadi, apakah Anda sudah memiliki pilihan?

Part-time blogger, content writer, WordPress enthusiast dan penikmat kopi. Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002.

Tinggalkan komentar