Uji Coba LiteSpeed Versi 4.0, Fitur Makin Lengkap, Hasil Jos!

LiteSpeed Cache Versi 4.0 masih dalam versi beta dan membawa beberapa tambahan fitur yang sangat berguna dan bisa membawa perubahan signifikan. Seperti apa?

Plugin LiteSpeed Cache seperti yang sudah kita ketahui memiliki banyak fitur dan memiliki hasil yang sangat signifikan untuk memaksimalkan optimasi WordPress terutama yang sudah menggunakan server LiteSpeed.

LiteSpeed Versi 4.0
LiteSpeed Versi 4.0

Sudah beberapa waktu ini pihak pengembang LiteSpeed Cache sedang mempersiapkan LiteSpeed Cache 4.0 versi beta yang kemungkinan besar akan dirilis akhir bulan Mei 2021 ini (atau awal Juni 2021).

Saya tentu saja sangat penasaran dengan fitur-fitur yang nantinya akan ditambahkan di versi 4.0 ini dan sudah sekitar 1 mingguan sejak akhir 30 April 2021 melakukan uji coba plugin LiteSpeed Cache versi 4.0.

Meski masih versi beta, selama dua minggu percobaan ini hasilnya sangat luar biasa dan saya tidak menemukan bugs atau error. Semua berjalan dengan baik dengan hasil yang tentu saja bisa saya katakan makin jos!

Apa Saja Fitur Tambahan LiteSpeed Cache 4.0?

Apa saja fitur-fitur kunci yang ditambahkan di versi 4.0?

Guest Mode

LiteSpeed Cache Guest Mode
LiteSpeed Cache Guest Mode

UCSS (Unique CSS)

LiteSpeed Cache UCSS (Unique CSS)
LiteSpeed Cache UCSS (Unique CSS)

HTML Lazyload

LiteSpeed Cache HTML Lazyload
LiteSpeed Cache HTML Lazyload

Add Missing Sizes

LiteSpeed Cache Add Missing Sizes
LiteSpeed Cache Add Missing Sizes

CCSS Per URL

LiteSpeed Cache CCSS Per URL
LiteSpeed Cache CCSS Per URL

Masih banyak penambahan fitur yang juga pengurangan fitur lain namun menurut saya 5 fitur utama di atas lah yang akan memberikan dampak signifikan terhadap proses optimasi WordPress.

Bagaimana hasil percobaan?

Secara teknikal dan data saya tidak memilikinya. Namun saya berani memastikan memang ada perubahan setelah menggunakan LiteSpeed Cache Versi 4.0 terutama ketika melakukan uji coba mengunjungi web pertama kali tanpa adanya cache.

Hasil Pengujian LiteSpeed Cache Versi 4.0
Hasil Pengujian LiteSpeed Cache Versi 4.0

Pengujian Lab Data di PageSpeed Insights juga saya perhatikan hasilnya makin ramping terutama pada beberapa poin di Web Vitals (CLS, LCP, First Contentful Paint, Time to Interactive, dan Total Blocking Time).

Baca juga:

Jika Anda berminat ingin uji coba menggunakan LiteSpeed Versi 4.0 bisa download langsung di akun GitHub milik LiteSpeed di link berikut: LiteSpeed Cache 4.0.

Blogger, writer, dan WordPress enthusiast. Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002.

Tinggalkan komentar