Rekomendasi Kamera Youtuber

Anda ingin menjadi YouTuber dan mencari kamera yang berkualitas untuk perekaman video? Berikut ini rekomendasi kamera YouTuber terbaik.

Perangkat untuk perekaman video tentu saja merupakan alat utama yang wajib dimiliki oleh seorang (calon) YouTuber. Preferensi masing-masing orang terhadap perangkat kamera untuk YouTuber tidak akan semua untuk semua orang.

Salah satu alasan utamanya adalah jenis konten yang akan dibuat, di mana proses perekamannya, dan bagaimana Anda akan melakukan proses syuting.

Sebenarnya tidak ada kamera terbaik untuk masing-masing orang karena tidak ada satu kamera yang bisa melakukan semuanya. Menurut kami, kamera terbaik untuk merekam video konten YouTube adalah yang mampu Anda beli sesuai budget maksimal yang Anda miliki.

Membuat rekamanan untuk konten video adalah seni, dan seni itu bisa dibuat dengan peralatan apapun yang bisa Anda dapatkan. Di dunia YouTube, keberhasilan sebuah konten atau channel tergantung kepada kemampuan kreatif ketika membuat konten tersebut.

Memilih kamera bisa menjadi hal yang subjektif, dengan bantuan aksesori yang tepat, Anda juga bisa membuat konten dengan kamera apa saja yang Anda miliki.

Namun tentu saja dengan budget yang Anda miliki, memilih kamera terbaik agar hasil rekaman makin maksimal adalah sebuah opsi yang layak diambil.

Kami akan membantu Anda memilih beberapa kamera yang kami anggap perangkat terbaik untuk merekam konten YouTube untuk saat ini. Ini bukan hanya tentang memilih kamera terbaik atau termahal. Triknya adalah memilih kamera yang tepat untuk video yang ingin Anda buat.

Rekomendasi Kamera untuk YouTuber
Rekomendasi Kamera untuk YouTuber (twinsterphoto/istockphoto)
Pengungkapan: Rekomendasi yang saya tulis di sini berdasarkan penelitian, peninjauan, memeriksa fakta, dan observasi produk secara online. Saya juga menyertakan tautan afiliasi supaya saya dapat memperoleh komisi jika Anda membeli produk melalui tautan tersebut. Komisi ini mendukung pekerjaan saya namun tidak mempengaruhi apa yang saya tulis di artikel ini.

10 Kamera YouTuber Paling Direkomendasikan Saat Ini

Canon PowerShot G7 X Mark III

Kamera YouTuber
Canon PowerShot G7 X Mark III (canon.com)
Kelebihan
  • Perekaman video 4K/30fps
  • Layar touchscreen yang responsif
  • Desain ringkas dan ringan
Kekurangan
  • Perekaman video 4K terbatas 10 menit

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon PowerShot G7 X Mark III

HargaRp 8.549.000 – Rp 8.649.000
TipeCompact
Resolusi Video4K UHD 30p
SensorCMOS 1.0-type 20.1MP
MonitorLayar sentuh LCD 3inci
KonektivitasWi-Fi, NFC
LevelPemula dan tingkat lanjut

Kami mulai rekomendasi kami dengan Canon PowerShot G7 X Mark III. Dengan harga yang relatif terjangkau namun fiturnya sangat baik, ini adalah rekomendasi kamera untuk YouTuber pemula.

Canon PowerShot G7 X Mark III memiliki beberapa fitur penting yang sangat berguna seperti perekaman video 4K UHD yang stabil, input mikrofon 3,5mm, dan bisa langsung digunakan untuk streaming langsung ke YouTube.

Ukuran kamera juga ringkas dan ringan sehingga sangat nyaman dibawa bergerak atau bepergian. Fokus juga sangat cepat dengan fitur deteksi wajah yang mampu mengikuti subjek dengan baik.

Kualitas videonya sangat baik dengan noise gambar rendah, detail warna yang bagus terutama dalam mode full HD. Secara keseluruhan, Canon PowerShot G7 X Mark III adalah kamera dengan harga yang relatif terjangkau namun memiliki banyak keunggulan terutama dalam perekaman video.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Mirrorless

Sony ZV-E10

Kamera YouTuber
Sony ZV-E10 (sony.co.id)
Kelebihan
  • Video autofokus berkelas
  • Desain ringkas dan ringan
  • Layar artikulasi
Kekurangan
  • Tidak ada IBIS dan viewfinder

Spesifikasi Kunci dan Harga Sony ZV-E10

HargaRp 16.250.000 – Rp 16.900.000
TipeMirrorless
Resolusi Video4K/30p
SensorAPS-C 24.2MP
Monitor3.0-inch vari-angle touchscreen
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
LevelPemula dan tingkat lanjut

Sony ZV-E10 diproduksi untuk menyasar para YouTuber dan vloggers pemula hingga tingkat lanjut.

Karena itulah kamera mirrorless ini memiliki layar selfie artikulasi dengan fitur layar sentuh, perekaman video 4K, headphone dan port mikrofon dan berbagai aksesori tambahan untuk mendukung semua kegiatan video recording.

Hal menarik lain dari kamera ini adalah penggunaan sistem lensa E-mount. Dengan penggunaan lensa ini, Anda bisa melepas dan mengganti lensa yang lebih fleksibel untuk kebutuhan pengambilan gambar atau video.

Sony ZV-E10 juga sudah memiliki port USB-C dan baterai yang lebih besar. Dengan baterai yang lebih besar, tentu saja akan memberikan penambahan tenaga yang sangat berharga untuk penggunaan yang lebih lama.

Namun Anda tidak akan menemukan viewfinder di kamera ini. Namun itu bukanlah hal yang menjadi masalah. Layar artikulasi sebesar 3 inci kamera ini cukup terang dan jernih.

Kelemahan lain dari perangkat keras kamera ini adalah kurangnya stabilisasi optik di dalam bodi. Sebagai gantinya, Sony ZV-E10 menggunakan stabilisasi elektronik yang relatif kurang efektif ketika merekam video yang bergerak.

Aksesoris tambahan seperti gimbal bisa Anda tambahkan agar kualitas perekaman menjadi lebih stabil.

Secara keseluruhan, Sony ZV-E10 adalah kamera mirrorless ramah pemula yang ingin terjun di dunia YouTuber atau vlogger karena kualitas gambar/video yang luar biasa dengan harga yang relatif terjangkau.

Panasonic Lumix S5

Kamera YouTuber
Panasonic Lumix S5 (panasonic.com)
Kelebihan
  • Fitur perekaman video yang luar biasa
  • Performa video terbaik di kelasnya
  • Rentang kontrol yang bagus
  • Kamera full frame dengan ukuran ringkas
  • Bingkai magnesium dan layar vari-angle
  • Slot ganda SD Card
Kekurangan
  • Tidak memiliki fokus otomatis terbaik di kelasnya

Spesifikasi Kunci dan Harga Panasonic Lumix S5

HargaRp 27.049.000 – Rp 52.449.000
TipeMirrorless
Resolusi Video4K/60p (cropped)
SensorFull-frame 24.2MP
Monitor3-inch vari-angle touchscreen
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
LevelTingkat lanjut dan profesional

Panasonic Lumix S5 memadukan sensor full-frame dengan bodi yang kecil namun ergonomis. Hasilnya adalah kamera mirrorless dengan kualitas gambar dan perekaman video yang sangat baik dengan handling yang sangat nyaman.

Sensor CMOS 24MP kamera ini sangat mengesankan dan mampu melakukan perekaman video 4K serta pengambilan RAW+JPEG resolusi tinggi 96MP.

Panasonic Lumix S5 juga memiliki bodi tahan cuaca yang tangguh dan menghasilkan stabilisasi gambar hingga 6,5 ​​stop dengan lensa yang kompatibel.

Secara keseluruhan, dengan harga yang ditawarkan (sudah termasuk lensa kit), Panasonic Lumix S5 adalah kamera hybrid yang sangat memikat dengan kualitas gambar full-frame yang menakjubkan, kinerja video terdepan di kelasnya, sehingga menjadikan kamera ini adalah salah satu kamera YouTuber terbaik yang bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Vlog Murah

Sigma FP

Kamera YouTuber
Sigma FP (sigma-sein.com)
Kelebihan
  • Kamera sensor full frame dengan desain compact
  • Hasil perekaman Video yang luar biasa
Kekurangan
  • Layar LCD fixed, tidak bisa berputar

Spesifikasi Kunci dan Harga Sigma FP

HargaRp 31.950.000
TipeMirrorless
Resolusi Video4K/30fps
SensorFull frame 24.6MP
Monitor3.15-inch LCD toucscreen
KonektivitasUSB-C, micro HDMI, Microphone (3.5mm)
LevelPemula dan tingkat lanjut

Kamera berukuran kecil ini sudah menggunakan sensor full frame. Dengan berat 422g (dengan baterai) atau 370g (body only), Sigma FP adalah kamera full-frame terkecil dan teringan di dunia dengan fitur lensa yang dapat diganti-ganti.

Keseluruhan bodinya terbuat dari material magnesium sehingga membuat kamera ini sangat ringan namun sangat kokoh. Untuk merekam video, Sigma FP mampu merekam hingga resolusi 4K UHD hingga 30fps.

Sedangkan untuk mode perekaman 1080p, Anda bisa mengaturnya hingga ke kecepatan frame rate yang lebih tinggi yaitu hingga 120fps.

Kami berani merekomendasikan Sigma FP sebagai salah satu pilihan kamera untuk YouTuber karena memang hasil perekaman video kamera ini sangat berkualitas.

Selain kualitas perekaman 4K-nya luar biasa, keuntungan lain kamera ini adalah Anda bisa mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan.

Canon EOS 90D

Kamera YouTuber
Canon EOS 90D
Kelebihan
  • Bodi tahan cuaca
  • Sensor gambar resolusi tinggi
  • Video 4K/30p yang tidak dipotong
  • Layar sentuh vari-angle
  • Jendela bidik optik
Kekurangan
  • Tidak ada stabilisasi gambar
  • Kapasitas buffer terbatas

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 90D

HargaRp 19.850.000 – Rp 20.500.000
TipeDSLR
Resolusi Video4K/30p
SensorAPS-C 32.5MP
Monitor3.2-inch vari-angle touchscreen
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
LevelEnthusiast hingga profesional

Kalau Anda lebih cenderung mencari kamera DLSR untuk merekam video, Canon EOS 90D bisa menjadi salah satu pilihannya.

Canon EOS 90D adalah DSLR penuh fitur dengan sensor berresolusi tinggi dan kinerja yang cepat dan mulus.

Beberapa keuntungan memilih kamera ini adalah handling yang nyaman, baterai yang relatif awet, viewfinder, sensor yang sangat baik, dan ini adalah kamera DSLR serba bisa dengan banderol yang sebanding dengan kualitas serta fitur yang ditawarkan.

Canon EOS 90D menggunakan sistem Dual Pixel CMOS AF Canon, yang berarti Anda bisa langsung mengubah ke mode live view tanpa kehilangan sistem aufokus yang cepat sama seperti ketika menggunakan viewfinder.

Canon EOS 90D memiliki fitur perekaman 4k tanpa cropping. Untuk mengambil video 4K, EOS 90D menggunakan aspek rasio 16:9 yang artinya sangat bagus untuk mengambil video dari sudut horizontal.

Keuntungan lain jika Anda memilih Canon EOS 90D untuk membuat konten YouTube adalah kamera ini juga memiliki soket mikrofon dan headphone eksternal.

Canon EOS 90D menggunakan sensor CMOS APS-C 32,5MP yang menawarkan resolusi tertinggi yang ditemukan di kamera kelas crop-sensor.

Keuntungan memiliki resolusi semacam ini berarti Anda akan dapat menangkap lebih banyak detail sambil memberi Anda fleksibilitas untuk memotong gambar selama pemrosesan. Anda juga bisa memperbesar lebih dekat ke subjek Anda tanpa mengurangi kualitas gambar.

Secara keseluruhan, ini adalah kamera hybrid yang sangat berkualitas yang mendukung penggunaan indoor maupun outdor (punya fitur tahan air dan debu).

Panasonic Lumix GH6

Kamera YouTuber
Panasonic Lumix GH6 (panasonic.com)
Kelebihan
  • Mode perekaman video unlimited
  • Fitur video yang lengkap
  • Sistem stabilisasi gambar yang baik
  • Handling nyaman
Kekurangan
  • Bodi besar dan relatif berat

Spesifikasi Kunci dan Harga Panasonic Lumix GH6

HargaRp 32.990.000 (BO)
TipeMirrorless
Resolusi Video5.8K/30p
Sensor25.2MP Live MOS Micro-Four-Thirds
Monitor3-inch vari-angle touchscreen
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
LevelEnthusiast hingga profesional

Panasonic Lumix GH6 merupakan salah satu produk kamera mirrorless andalan Panasonic dengan sensor Micro Four Thirds yang memiliki sistem stabilisasi gambar yang luar biasa serta autofokus terbaik di kelasnya.

Selain itu ukurannya kecil dan ringan namun dikemas dengan fitur perekaman video yang luar biasa dan kualitas gambar yang sangat baik. Berfokus pada video, Lumix GH6 dikemas dengan daftar lengkap pilihan kualitas perekaman.

Build quality kamera ini juga sangat mengesankankan. Keseluruhan bodinya terbuat dari perpaduan material magnesium yang tahan dingin, debu, dan percikan air.

Kamera ini juga mempertahankan tingkat kualitas yang mengesankan saat merekam video 4K/120p tanpa panas yang berlebihan serta tanpa batasan durasi waktu perekaman.

Fujifilm X-S10

Kamera YouTuber
Fujifilm X-S10
Kelebihan
  • In-Body Image Stabilizer (IBIS)
  • Handling nyaman
  • Perekaman video sangat baik
  • Autofokus yang cepat
  • Sensor APS-C yang teruji sangat baik
Kekurangan
  • Belum tahan cuaca
  • Fungsi touchscreen terbatas

Spesifikasi Kunci dan Harga Fujifilm X-S10

HargaRp 14.450.000 – Rp 15.050.000 (BO)
TipeMirrorless
Resolusi Video4K/30p
SensorAPS-C 26.1MP
Monitor3.0-inch vari-angle touchscreen
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
LevelPemula hingga enthusiast

Fujifilm X-S10 adalah salah satu kamera mirrorless kelas menengah berukuran kecil dengan berbagai fitur menarik yang membuatnya menjadi salah satu rekomendasi kamera YouTuber terbaik yang ada di pasaran.

Di dalam bodinya yang kecil, terdapat fitur In-Body Image Stabilizer (IBIS) yang menjadikan kamera ini adalah kamera perekaman video yang sangat mengagumkan.

Fujifilm X-S10 adalah kamera serba guna yang peruntukan utamanya memang untuk merekam video berkat penggunaan sensor 26.1MP X-Trans CMOS 4 dan X-Processor 4, ditambah kemampuan untuk merekam video 4K/30p yang tidak dipotong.

GoPro Hero 10 Black Edition

Kamera YouTuber
GoPro Hero 10 Black Edition (newsshooter.com)
Kelebihan
  • Stabilisasi video yang luar biasa
  • Tahan cuaca
  • Perekaman video slow motion 4K hingga 120fps
  • Prosesor GP2 yang bertenaga
  • Konektivitas lengkap dan mutakhir
Kekurangan
  • Harga relatif mahal
  • Cepat panas ketika merekam video dengan durasi lama

Spesifikasi Kunci dan Harga GoPro Hero 10 Black Edition

HargaRp 6.999.000 – Rp 8.600.000
TipeAction Camera
Resolusi Video5.3K/60p
SensorCMOS 23 MP
Monitor2.3 inch
KonektivitasBluetooth, USB-C, Wi-Fi
LevelPemula hingga profesional

GoPro Hero 10 merupakan kamera aksi yang sangat cocok untuk merekam konten petualangan.

Kamera ini sangat kecil yang beratnya hanya 5,4 ons, sasis yang kokoh, dan memiliki fitur tahan air hingga kedalam 10 meter tanpa casing tambahan. Karena itulah GoPro Hero 10 sangat mudah diintegrasikan dengan tongkat selfie (untuk vlogger), tripod, atau aksesori lainnya.

Anda juga bisa menggunakan GoPro Hero 10 sebagai webcam untuk streaming langsung di YouTube yang dihubungkan dengan laptop atau komputer menggunakan port USB.

Stabilisasi gambar GoPro Hero 10 sangat mengesankan dan Anda tidak perlu menambahkan gimbal. GoPro Hero 10 menggunakan sensor 23MP 1/2,3 inci. Untuk kualitas perekaman video, GoPro Hero 10 mampu merekam hingga 5,3K/60 fps dan 4K/120fps.

Dengan fitur yang spesifikasi yang ditawarkan, GoPro Hero 10 saat ini masih kamera aksi terbaik di kelasnya. Meskipun dibuat khusus untuk video aksi luar ruangan, Anda masih tetap bisa menggunakan GoPro Hero 10 untuk membuat konten di dalam ruangan dengan sangat baik.

Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K Pro

Kamera YouTuber
Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K Pro
Kelebihan
  • Hasil foto dan video fantastis
  • Spesifikasi dan fitur yang luar biasa
  • ND filters
Kekurangan
  • Harga relatif mahal
  • Ukuran besar

Spesifikasi Kunci dan Harga Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K Pro

HargaRp 46.999.000
TipeVideo camera
Resolusi Video6K/50p
SensorSuper 35 21.2MP
Monitor5.0-inch tilting touchscreen
KonektivitasBluetooth, USB-C, HDMI
LevelProfesional

Blackmagic Pocket Cinema Camera 6K Pro adalah kamera perekaman video yang sangat fantastis dan sering digunakan para profesional di bidang videografi untuk perekaman sinematik.

Kamera ini cocok bagi Anda yang sudah mapan terjun di dunia YouTuber dan sedang mencari kemera berkualitas untuk membawa konten Anda ke tingkat yang lebih lanjut.

Kamera ini menggunakan CMOS Super35mm yang dapat merekam video hingga 6K dalam format Raw Blackmagic sendiri dalam 6K dan 6K 2.4:1, 5.7K dalam 17:9, C4K, 4K, 3.7K anamorphic, dan 2.8K dalam 17:9.

Jika Anda memilih ProRes, maka Anda dapat merekam dalam C4K, 4K atau FHD dengan frame rate tercepat adalah 60fps.

Spesifikasi seperti ini sering digunakan para sinematografer Hollywood. Kamera ini memang cocok untuk merekaman konten video sinematik yang indah dengan kualitas menakjubkan.

DJI Pocket 2

Kamera YouTuber
DJI Pocket 2
Kelebihan
  • Ukuran ringkas dengan fitur video lengkap
  • Fitur lengkap untuk YouTuber dan vloggers
Kekurangan
  • Kurang efektif di kondisi low light

Spesifikasi Kunci dan Harga DJI Pocket 2

HargaRp 5.299.000 – Rp 5.800.000
TipeGimbal
Resolusi Video4K/60p
Sensor1/1.7-inch 64MP
Monitor1-inch touchscreen
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
LevelPemula

Rekomendasi kamera YouTuber yang terakhir dari kami adalah kamera poket DJI Pocket 2. Meskipun ukuran kecil, jangan meremehkan kualitas perekaman kamera ini.

Dengan DJI Pocket 2, Anda akan memiliki perangkat kamera yang mudah dibawa kemana-mana, baik untuk vlogging, merekam konten videu YouTube, dan berbagai dokumentasi video penting lainnya.

Salah satu keunggulan DJI Pocket 2 adalah pada fitur pelacakan objek yang cepat dan akurat. Artinya, kamera ini sangat baik digunakan untuk merekam video secara bergerak.

DJI Pocket 2 memiliki sensor 1/1,7 inci dan lensa 20mm f/1.8 yang mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K/60fps serta video HDR.

Kualitas perekaman suaranya juga mengesankan dengan adanya mikrofon internal dan tambahan mikrofon nirkabel.

Secara keseluruhan, DJI Pocket 2 adalah salah satu pilihan terbaik untuk perekaman konten YouTube dan vlogging.

Stabilisasi yang sangat baik, fitur pelacakan obyek, tambahan port mikrofon eksternal, dan tentu saja hasil rekaman video 4K yang berkualitas adalah beberapa keunggulan kamera kecil ini.

Panduan Memilih Kamera untuk YouTuber

Memilih kamera YouTuber mana yang terbaik untuk Anda bisa menjadi tantangan tersendiri. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kebutuhan masing-masing individu akan sangat berbeda.

Namun untuk kamera yang akan digunakan merekam konten video YoTube, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

  • Pilih kamera yang sudah memiliki fokus otomatis yang baik
  • Pastikan kamera juga memiliki fitur stabilisasi gambar
  • Akan sangat baik jika kamera juga memiliki tambahan mikrofon eksternal
  • Kamera dengan layar atrikulasi (layar yang bisa diputar) akan sangat membantu
  • Fitur streaming untuk siaran langsung bisa menjadi opsi yang menarik.

Yang tidak kalah penting adalah terkait harga. Kamera termahal belum tentu memiliki fitur yang cocok untuk merekam konten YouTube.

Namun kamera kelas atas biasanya dilengkapi dengan resolusi yang lebih tinggi, rentang dinamis yang lebih baik, dan noise gambar yang lebih sedikit.

Kamera terbaik untuk YouTube akan bergantung pada jenis video yang Anda bagikan. Jika Anda menginginkan video berkualitas baik, maka Anda akan menginginkan kemampuan merekam dalam Full HD (1080p) atau bahkan 4K yang stabil.

Anda juga harus mempertimbangkan kamera yang dapat beradaptasi dengan kondisi pencahayaan yang berbeda. Tidak hanya kualitas video juga yang harus Anda perhatikan.

Kamera terbaik untuk YouTube juga harus memiliki fitur perekaman suara yang sangat baik melalui mikrofon internal dengan kemampuan peredaman bising dengan baik.

Anda juga perlu mempertimbangkan portabilitas karena beberapa kamera memiliki ukurang terlalu besar dan berat jika Anda sering merekam video dalam perjalanan.

Karena itulah di beberapa pilihan kamera YouTuber yang sudah kami sebutkan di atas, kami memberikan 10 opsi kamera dengan gaya dan kualitas yang berbeda-beda supaya Anda leluasa memilih.

Catatan: harga yang ditampilkan adalah ketika artikel ini ditulis, tidak mengikat, dan bisa saja berubah tergantung pada kebijakan masing-masing penjual.

Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002 sebagai part-time blogger dan internet marketer. Tertarik dengan teknologi pada umumnya, pengembangan website dan gadget pada khususnya.