Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula

Pemula identik dengan budget dan kemampuan terbatas. Berikut ini beberapa rekomendasi kamera DSLR untuk pemula namun sangat berkualitas.

Fotografi adalah salah satu hobi yang sangat populer saat ini. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tentu saja seorang fotografer harus memiliki kamera yang sangat mumpuni.

Namun sebelum menjadi seorang fotografer handal, kita harus mengawali langkah-langkahnya dimulai dari level pemula.

Seperti yang kita ketahui bahwa pemula itu identik dengan kemampuan terbatas dan sebagian lain memiliki budget atau dana terbatas (di sisi lain tetap ada yang memiliki dana lebih).

Meskipun dana Anda berlebih, sebagai pemula tentu saja kurang bijaksana jika memilih perangkat kamera berharga puluhan juta rupiah dengan kemampuan yang masih sangat terbatas.

Jika Anda pemula dan bingung memilih kamera DSLR mana yang tepat untuk Anda, kami akan membantu memilihkannya untuk Anda. Kami akan merekomendasikan beberapa kamera DSLR dari berbagai level harga supaya Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula
Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula (Naypong/istockphoto)
Pengungkapan: Rekomendasi yang saya tulis di sini berdasarkan penelitian, peninjauan, memeriksa fakta, dan observasi produk secara online. Saya juga menyertakan tautan afiliasi supaya saya dapat memperoleh komisi jika Anda membeli produk melalui tautan tersebut. Komisi ini mendukung pekerjaan saya namun tidak mempengaruhi apa yang saya tulis di artikel ini.

8 Kamera DSLR untuk Pemula Terbaik Saat Ini

Nikon D3500

Kamera DSLR untuk Pemula
Nikon D3500 (nikon.co.id)
Kelebihan
  • Harga berbading dengan fitur
  • Kualitas foto yang memuaskan
  • Fitur dan menu yang mudah untuk pemula
  • Autofokus yang responsif
  • 5fps continuous shooting
Kekurangan
  • Belum ada perekaman video 4K
  • Belum ada WiFi

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D3500

HargaRp 5.700.000
Sensor24.2MP APS-C CMOS
VideoFull HD 1080p/60p
KonektivitasBluetooth
Monitor3.0-inch fixed display, 921,000 dots

Kami mulai rekomendasi kamera DSRL untuk pemula dengan Nikon D3500 yang dikenal sebagai salah satu DSLR entry-level terbaik dan termurah untuk saat ini.

Beberapa hal yang membuat kamera ini laris dan banyak digunakan adalah desainnya yang solid dan tentu saja hasil foto yang sangat bagus. Menu kamera ini juga mudah dipahami oleh pemula. Dan yang tidak kalah penting, masa pakai baterainya cukup awet.

Tidak ada perekaman video 4K di kamera ini, namun Nikon D3500 memiliki semua kontrol manual yang dibutuhkan oleh pemula fotografi dan kualitas gambarnya sangat bagus.

D3500 bukan hanya DSLR Nikon termurah dan paling sederhana, tetapi juga yang paling ringan, dengan berat hanya 415g sehigga sangat nyaman dan mudah untuk dibawa bepergian.

Nikon D3500 memang dirancang untuk pemula, dengan kontrol yang disederhanakan dan Mode Panduan bawaan untuk membantu pengguna baru mempelajari dasar-dasarnya. Anda juga mengganti lensa F-mount sesuai kebutuhan.

Nikon D3500 memiliki sensor APS-C 24,2 megapiksel yang memiliki kecepatan pemotretan bersambungan (continuous shooting) 5fps yang luar biasa.

Tidak ada in-body stabilization di kamera ini, namun rata-rata lensa milik Nikon sudah memiliki sistem VR (Vibration Reduction).

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya bahwa tidak ada perekaman video 4K di kamera ini, Anda bisa merekam video full HD 1920 x 1080 hingga 60/50fps yang kualitasnya sangat bagus. Namun jika Anda lebih fokus pada pemotretan foto, fitur video ini bukanlah masalah utama.

Sayangnya belum ada konektivitas WiFi di Nikon D3500, hanya ada Bluetooth saja untuk proses transfer data tanpa kabel dengan menggunakan fitur SnapBridge Nikon.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

Canon EOS 250D

Kamera DSLR untuk Pemula
Canon EOS 250D
Kelebihan
  • Sensor Dual Pixel CMOS AF yang mengagumkan
  • Desain ringkas dan ringan
  • Layar touchscreen dan responsif
  • Hasil foto yang bagus
  • Perekaman video 4K
Kekurangan
  • Video 4K yang dipotong

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 250D

HargaRp 9.550.000 – Rp 9.850.000
Sensor24.1MP APS-C Dual Pixel CMOS AF
Video4K UHD 24p
KonektivitasUSB 2.0, HDMI, Wi-Fi, dan Bluetooth
Monitor3-inch vari-angle touchscreen, 1.04 million dots

Canon EOS 250D disenjatai oleh sensor APS-C 24MP dengan sistem Dual Pixel CMOS AF yang menggunakan piksel dalam sensor untuk melakukan autofokus untuk mendeteksi fase.

Artinya, dengan fitur ini di sensornya, Canon EOS 250D akan memiliki autofokus cepat saat menggunakan tampilan langsung (Live View) atau saat merekam video.

Canon memproduksi kamera ini memang untuk para pemula yang baru saja memiliki DSLR pertama mereka. Kombinasi kesederhanaan point-and-shoot, fitur Guided UI yang akan memandu pemula memahami dasar fotografi, dan mode Creative Assist untuk menambahkan efek fotografi yang lebih dramatis.

Canon EOS 250D menggunakan prosesor DIGIC 8 (Digital Imaging Integrated Circuit) yang memberikan kualitas gambar sangat bagus terutama pada pengaturan ISO tinggi.

Ada juga perekaman video 4K UHD pada 60p, 50p, 30p, 25p, 24p. Namun mode perekaman video 4k akan mengalami pemotongan yang berarti sudut pandang lensa secara efektif menjadi lebih sempit.

Kamera ini menggunakan teknologi sensor Dual Pixel milik Canon yang sangat cepat untuk membantu proses autofokus.

Untuk konektivitas, kamera ini menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth bawaan untuk transfer gambar nirkabel.

Secara keseluruhan, Canon EOS 250D adalah kamera yang sangat menarik untuk pemula. Autofokus Live View yang sangat bagus, hasil foto yang sangat bagus, dan video 4K adalah alasan utama kenapa kamera ini layak untuk Anda pilih.

Nikon D5600

Kamera DSLR untuk Pemula
Nikon D5600
Kelebihan
  • Kualitas foto yang sangat bagus
  • Autofokus cepat
  • Layar touchscreen
  • Desain kompak dan ringan
Kekurangan
  • Belum ada perekaman video 4K

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D5600

HargaRp 7.775.000 – Rp 8.150.000
SensorAPS-C CMOS 24.2MP
VideoFull HD 1080p
KonektivitasWi-Fi, NFC, dan Bluetooth
Monitor3.2-inch vari-angle touchscreen, 1,037,000 dots

Nikon D5600 adalah kamera DSLR yang kecil, cepat, dan mudah digunakan yang ramah pemula serta memiliki beberapa fitur yang bermanfaat. Meskipun sudah diluncurkan sejak 2016, Nikon D5600 masih termasuk kamera DSLR tingkat pemula yang sangat mumpuni.

Ada sensor APS-C CMOS 24.2MP beresolusi tinggi yang menghasilkan gambar yang sangat detail, layar sentuh artikulasi, dan sistem AF 39 titik yang cepat.

Nikon D5600 menggunakan prosesor gambar EXPEED 4 dengan rentang sensitivitas asli dari ISO100 hingga 25.600 yang membuatnya sangat baik digunakan memotret dalam berbagai kondisi cahaya.

Monitornya sudah layar sentuh vari-angle 3,2 inci dengan tingkat kecerahan yang sangat baik. Tidak ada perekaman video 4K di kamera ini. Mode perekaman video di Nikon D5600 adalah Full HD 1080p (60p, 50p, 30p, 25p, dan 24p) dan memiliki port 2,5 mm untuk mikrofon.

Nikon D5600 menggunakan sistem AF Multi-CAM 4800DX 39 titik yang cukup cepat dan akurat saat memotret dengan jendela bidik.

Secara keseluruhan, meski tidak memiliki perekaman video 4K, dengan sensor resolusi tinggi 24.2MP yang menghasilkan gambar dengan detail yang bagus, Nikon D5600 adalah salah satu DSLR entry-level paling lengkap yang tersedia saat ini.

Canon EOS 1500D

Kamera DSLR untuk Pemula
Canon EOS 1500D
Kelebihan
  • Menu yang ramah untuk pemula
  • Harga relatif terjangkau
  • Fitur sebanding dengan harga
Kekurangan
  • Belum ada video 4K

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 1500D

HargaRp 5.499.000 – Rp 5.699.000
Sensor24.1-megapixel APS-C CMOS
VideoFull HD 1080p/30fps
KonektivitasWi-Fi dan NFC
Monitor3-inch TFT with 920,000 dots

Pilihan lain kamera DSLR murah yang sangat cocok untuk para pemula yaitu Canon EOS 1500D. Harganya tidak sampai 6 jutaan, namun kamera ini bisa menjadi pilihan terbaik daripada Anda memotret menggunakan smartphone di rentang harga yang sama.

Fitur utama Canon EOS 1500D adalah perekaman video Full HD 1080p hingga 30 fps dan pemotretan bersambungan (continuous shooting) hingga tiga frame/detik.

Ada juga autofokus 9 titik dan mode Scene Intelligent Auto Canon untuk fotografi point-and-shoot dengan hasil yang maksimal.

Canon EOS 1500D menggunakan sensor APS-C 24,2 megapiksel dengan filter low-pass optik yang dipadukan dengan prosesor gambar DIGIC 7.

Pada bagian konektivitas, kamera ini memiliki WiFi dan NFC yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan kamera dengan smartphone mereka melalui aplikasi Canon Camera Connect, yang tersedia untuk iOS dan Android.

Dengan harga yang ditawarkan dan fitur-fitur yang dimiliki, Canon EOS 1500D adalah pilihan bagus untuk para pemula yang menginginkan kamera DSLR pertama mereka.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Vlog Murah

Nikon D7500

Kamera DSLR untuk Pemula
Nikon D7500
Kelebihan
  • Autofokus yang cepat
  • Sensor yang sangat baik
  • Perekaman video 4K
  • Performa ISO yang sangat baik
  • 8fps continuous shooting
Kekurangan
  • Video 4K dipotong

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D7500

HargaRp 15.500.000
Sensor20.9MP APS-C CMOS
Video4K UHD 3,840 x 2,160
KonektivitasWi-Fi, 3.5mm jacks untuk microphones dan headphones, micro USB, dan mini HDMI
MonitorTilting 3.2-inch touchscreen, 922k dots

Nikon D7500 merupakan kamera DSLR serba bisa dengan harga yang relatif terjangkau yang menawarkan kombinasi menarik antara kecepatan, ketangguhan, dan fitur.

Sensor APS-C CMOS 20.9MP kamera ini sangat cepat autofokusnya, cukup bangus untuk memotret di cahaya rendah, dan kualitas gambar yang dihasilkan juga salah satu yang terbaik di kelasnya.

Nikon D7500 bukan DSLR murahan, salah satu keunggulan kamera ini adalah kecepatan pemotretan bersambungan (continuous shooting) 8fps yang sangat cepat yang artinya masih sangat bagus untuk memotret aksi dengan kecepatan tinggi.

Untuk perekaman video, Nikon D7500 mampu merekam dengan resolusi 4K dengan opsi 24, 25, dan 30fps yang dipotong. Kalau Anda ingin merekam video yang lebih melebar, Anda harus menurunkan ke resolusi 1080p/60fps.

Pada bagian konektivitasnya, Nikon D7500 memiliki BlueTooth dengan fitur SnapBridge. Ada juga WiFi yang bisa dimanfaat untuk transfer data dengan perangkat smartphone Android atau iOS.

Ada juga jack 3.5mm untuk mikrofon dan headphone, port micro USB dan mini HDMI, dan port remote control berkabel serta hot shoe standar untuk flash eksternal. Tidak ketinggal juga satu slot kartu memori SD/SDHC/SDXC.

Baca juga: Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik

Canon EOS 2000D

Kamera DSLR untuk Pemula
Canon EOS 2000D
Kelebihan
  • Penggunaan mudah
  • Kualitas gambar sangat baik
  • Desain ringkas dan ergonomis
Kekurangan
  • Tidak ada video 4K
  • Belum touchscreen

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 2000D

HargaRp 6.050.000 – Rp 6.299.000
SensorAPS-C 24.1MP
VideoFull HD 1080p
KonektivitasWi-Fi dan NFC
Monitor3.0-inch, 920,000 dots

Kalau Anda pemula yang memiliki budget terbatas, Canon EOS 2000D bisa menjadi pilihan kamera DSLR yang tepat.

Dibanderol sekitar 6 jutaan, Canon EOS 2000D adalah kamera entry level yang menawarkan kualitas gambar yang sangat bagus meski pada beberapa kondisi minim cahaya dan ISO tinggi memberikan sedikit bintik-bintik yang bisa ditoleransi.

Canon EOS 2000D menggunakan sensor APS-C dengan resolusi 24.1MP plus penggunaan prosesor DIGIC 4+ serta memiliki sistem AF 9 titik. Untuk konektivitas, kamera ini memiliki WiFi dan NFC.

Sedangkan pada perekaman video, Canon EOS 2000D menawarkan perekaman video Full HD (1920 x 1080), dengan frame rate 30, 25 dan 24fps.

Nikon D3400

Kamera DSLR untuk Pemula
Nikon D3400
Kelebihan
  • Desain yang kompak dan ringan
  • Autofokus cepat
  • 5.1fps continuous shooting
  • Resolusi 24MP
Kekurangan
  • Belum touchscreen

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D3400

HargaRp 4.050.000 – Rp 4.250.000
Sensor24.2MP APS-C CMOS
VideoFull HD 1080p
KonektivitasBluetooth
Monitor3,0 inci, 921.000 titik

Rekomendasi dan pilihan kamera DSLR untuk pemula yang berikutnya adalah Nikon D3400 yang memiliki harga sangat terjangkau.

Kamera DSLR ini cocok untuk Anda yang memiliki dana tidak sampai 5 jutaan. Meskipun harganya murah, tapi Nikon D3400 bukan kamera murahan. Sensor APS-C CMOS kamera ini memiliki resolusi yang besar yaitu 24.2MP.

Sensor kamera ini tidak menggunakan filter low-pass optik yang artinya adalah hasil fotonya akan menangkap detail yang lebih sedikit dan akan tampak sedikit lebih tajam saat Anda melihat hasil fotonya di layar komputer menggunakan aplikasi seperti Photoshop dan sejenisnya.

Untuk perekaman video, Nikon D3400 hanya terbatas pada mode 1080p namun kualitasnya sangat mengesankan.

Nikon D3400 adalah perpaduan dari bodi yang kompak dan ringan, sistem AF yang bagus, baterai yang relatif awet, dan memiliki kualitas gambar yang sangat baik. Serta yang tidak kalah penting adalah, Nikon D3400 juga sangat mudah digunakan untuk pengguna pertama kali.

Nikon D5300

Kamera DSLR untuk Pemula
Nikon D5300
Kelebihan
  • Sensor 24MP yang sangat bagus
  • Perekaman video 1080p/60 yang jernih
  • Hasil foto berkualitas
  • Sistem autofokus 39-point
Kekurangan
  • Live view lamban

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D5300

HargaRp 5.599.000 – Rp 5.799.000
SensorAPS-C 24.2MP
VideoFull HD 1080p
KonektivitasWi-Fi, GPS
Monitor3.2 inch vari-angle touchscreen, 1,037,000 dots

Rekomendasi terakhir kamera DSLR yang cocok untuk pemula adalah Nikon D5300. Kamera ini memiliki sensor APS-C 24.2MP dengan perekaman video 1080p/60.

Nikon D5300 adalah salah satu kamera entry level terbaik di kelasnya karena memiliki hasil foto yang tajam. Ada juga LCD beresolusi lebih tinggi dan berukuran cukup besar (3,2 inci) dengan resolusi 1.037k-dot yang sangat tajam, cerah, dan memiliki sudut pandang yang bagus.

Nikon D5300 menggunakan prosesor gambar Expeed Nikon yang akan menghasilkan foto dengan reproduksi warna yang sangat baik dan gambar JPEG yang sangat bagus dalam cahaya rendah.

Untuk konektivitasnya, Nikon D5300 hanya tersedia WiFi namun memiliki tambahan fitur GPS. Anda bisa menggunakan WiFi untuk mentransfer gambar dari D5300 ke smartphone atau perangkat lain seperti tablet.

Untuk perekaman video, Nikon D5300 merekam video pada resolusi 1080p60, 1080p30, 1080p24, 720p60, atau 424p30 dalam format QuickTime. Videonya tajam dan detail, dan gerakan pada 60p sangat halus.

Secara keseluruhan, Nikon D5300 adalah kamera DSLR entry level yang cocok untuk pemula. Anda akan mendapatkan kamera DSLR dengan fitur yang menarik dengan harga yang sebanding.

Apakah Kamera DSLR Cocok untuk Pemula?

Keuntungan utama memiliki kamera DSLR adalah kemampuan untuk mengganti lensanya. Namun apakah kamera DSLR adalah pilihan yang bagus untuk pemula? Ada beberapa hal harus dipertimbangkan oleh para pemula ketika akan membeli kamera DSLR.

Sensor

Ukuran sensor adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Beberapa pemula selalu terjebak dengan ukuran megapixel dan menganggap semakin besar megapixel maka semakin bagus hasil foto kamera tersebut.

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa sensor yang lebih besar dapat memiliki piksel yang lebih besar, yang berarti gambar yang dihasilkan lebih bersih dengan lebih sedikit noise, terutama dalam cahaya rendah.

Gambar yang diambil dengan sensor yang lebih besar memiliki rentang yang jauh lebih dinamis.

Berikut ini beberapa jenis sensor kamera yang sering tersedia di pasaran:

  • APS-C (Advanced Photo System Type-C)
  • Full Frame
  • Micro Four Thirds
  • Medium Format
  • APS-H (Advanced Photo System Type-H)
  • Sensor Inch (1, 1 /1.2, 2/3, 1/1.7, 1/2.3, 1/3.2).
Kamera DSLR untuk Pemula
Tipe Sensor Kamera (kredit gambar: shotkit.com)

Ukuran

Ukuran kamera juga merupakan faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Ukuran, bagaimanapun, sangat subjektif. Apa yang mungkin tampak besar bagi seorang pemula mungkin tampak kecil bagi seorang profesional. Rata-rata kamera DSLR yang diperuntukkan bagi pemula memiliki bodi yang ringkas dan ringan.

Fitur

Fitur lain yang harus diperhatikan termasuk masa pakai baterai, mode pemotretan manual, mode otomatis, kinerja ISO tinggi, slot memori, konektivitas nirkabel, dan layar sentuh.

Resolusi

Resolusi mempengaruhi kualitas gambar kamera digital. Foto yang dihasilkan dari kamera dengan megapixel tinggi akan menghasilkan lebih banyak detail tetapi menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan di kartu memori kamera Anda.

Hal ini dapat membuat foto membutuhkan waktu lebih lama untuk dikirim, disimpan, dan diedit Ukuran piksel bergantung pada sensor gambar dan lebih memengaruhi kualitas daripada resolusi.

Lensa

Menggunakan DSLR memiliki keuntungan seperti bisa mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan. Pertama-tama putuskan apakah Anda merasa nyaman memiliki lensa tetap pada kamera Anda atau jika Anda memerlukan fleksibilitas lensa yang dapat diganti.

Kemampuan untuk menggunakan lensa yang berbeda memperluas peluang kreatif Anda dan membuka Anda ke seluruh dunia fotografi yang menyenangkan.

Banyak kamera DSLR menggunakan lensa kit. Lensa kit memiliki kemampuan zoom menengah dan bukaan variabel lambat. Bagi pemula, menggunakan lensa kit untuk awal adalah pilihan paling bijaksana.

Seiring waktu ketika kemampuan Anda sudah terasah, sudah saatnya melangkah ke penggantian lensa yang lebih cocok untuk kebutuhan memotret Anda.

Budget

Dan terakhir yang tidak kalah penting adalah pilih kamera yang sesuai dengan kemampuan dana yang Anda miliki.

Anda pemula namun memiliki dana yang lebih? Pilih kamera sejauh mana yang mampu Anda beli.

Dana terbatas? Pilih kamera termurah namun dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni.

Penutup

Fotografi adalah hobi yang bikin kecanduan. Jika Anda fokus dan tekun menggeluti hobi fotografi, mungkin saja di masa mendatang hobi ini bisa menghasilkan pemasukan untuk Anda.

Namun untuk mencapai tahapan tersebut, sebagai tahap awal tentu saja kita harus belajar secara bertahap termasuk tidak salah pilih kamera supaya tidak kecewa ketika menjalankan hobi ini.

Untungnya Anda tidak perlu bingung memiliki kamera yang tepat bagi Anda. Beberapa rekomendasi kamera DSLR untuk pemula yang sudah kami sebutkan di atas kami pilih dengan sangat selektif dengan mempertimbangkan harga terbaik dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni.

Jadi, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran kamera DSLR mana yang tepat untuk Anda?

Catatan: harga yang ditampilkan adalah ketika artikel ini ditulis, tidak mengikat, dan bisa saja berubah tergantung pada kebijakan masing-masing penjual.

Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002 sebagai part-time blogger dan internet marketer. Tertarik dengan teknologi pada umumnya, pengembangan website dan gadget pada khususnya.