Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik

Anda punya dana berlebih dan ingin mencari kamera DSLR terbaik? Berikut ini beberapa pilihan untuk Anda yang menginginkan DSLR terbaik.

Ketika mencari sesuatu yang terbaik, tentunya dana bukanlah sebuah masalah. Dengan dana yang lebih, Anda bisa mendapatkan segala sesuatu yang terbaik termasuk kamera DSLR.

Kamera DSLR sendiri saat ini sedang digempur oleh berbagai produk kamera mirrorless yang levelnya semakin sama dengan kualitas DSLR kelas atas.

Namun bagaimanapun juga, kamera DSLR adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang serius dengan fotografi. Beberapa kamera DSLR bisa membantu Anda mengambil foto dengan kualitas yang jauh lebih tinggi, memotret dalam situasi cahaya rendah dan dengan mudah memotret objek yang bergerak cepat.

Sebelum Anda memilih kamera DSLR terbaik mana yang tepat untuk Anda, kami akan memberikan beberapa hal yang harus diketahui sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada kamera mana yang akan Anda beli.

Panduan Memilih Kamera DSLR

Harga

Harga tentu saja adalah pertimbangan utama sebelum Anda membeli kamera DSLR. Kalau Anda mencari yang “terbaik”, tentunya harga seperti apapun itu tidak masalah untuk Anda.

Harga kamera DSLR saat ini dimulai dari yang termurah berada di kisaran 4 hingga 5 jutaan dan mencapai ratusan juta untuk kamera DSLR profesional.

Namun hal lain yang harus Anda ketahui ketika memiliki kamera DSLR adalah aksesoris lain yang akan mengikuti, seperti:

  • Lensa
  • Baterai
  • Kartu memori
  • Tas kamera
  • Filter.

Aksesori di atas sifatnya adalah opsional namun sangat mendukung kegiatan fotografi. Intinya adalah, persiapkan dana lebih untuk membeli aksesoris tersebut.

Penggunaan

Apa rencana Anda setelah membeli kamera DSLR? Apakah ingin menjadi fotografer profesional? Apakah sekedar hobi? Untuk merekam konten? Atau hanya ikut-ikutan saja?

Sebaiknya tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini sejak awal karena akan membantu Anda memikirkan jenis fitur dan aksesori yang Anda perlukan. Intinya adalah, belilah kamera DSLR terbaik yang sesuai dengan tujuan Anda membeli kamera.

Ukuran

Ukuran kamera DSLR tersedia mulai yang yang cukup ringkas hingga berukuran besar. Beberapa fotografer tidak keberatan membawa perlengkapan yang berat, tetapi jika Anda akan menggunakannya untuk fotografi saat bepergian, maka DSLR yang kecil dan ringan bisa sangat berguna.

Fitur

Kamera DSLR memiliki beragam fitur yang mungkin akan membuat Anda bingung. Semua kamera DSLR memiliki fitur dasar seperti kemampuan untuk menggunakan apertur dan prioritas rana, serta fokus otomatis atau manual.

Beberapa fitur lain adalah:

  • Mode Burst
  • Shutter Speed
  • ISO
  • Ukuran LCD
  • Tahan cuaca atau air
  • Konektivitas
  • Flash
  • Anti Shake.

Intinya adalah, cari kamera DSLR yang memiliki fitur yang benar-benar Anda butuhkan.

Resolusi

Besaran MP atau megapixels bukanlah ukuran untuk menentukan kualitas sebuah kamera. Ukuran megapixels yang besar artinya adalah ukuran foto atau gambar yang makin besar (bukan semakin tajam atau cerah). Namun jika kamera DSLR memiliki resolusi yang besar, itu juga bisa menjadi pertimbangan.

Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik
Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik (Poike/istockphoto)
Pengungkapan: Rekomendasi yang saya tulis di sini berdasarkan penelitian, peninjauan, memeriksa fakta, dan observasi produk secara online. Saya juga menyertakan tautan afiliasi supaya saya dapat memperoleh komisi jika Anda membeli produk melalui tautan tersebut. Komisi ini mendukung pekerjaan saya namun tidak mempengaruhi apa yang saya tulis di artikel ini.

Apa Saja Kamera DSLR Terbaik untuk Saat Ini?

Canon EOS-1D X Mark III (Terbaik untuk Aksi dan Olahraga)

Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik
Canon EOS-1D X Mark III (tek.id)
Kelebihan
  • Sensor full-frame 20MP
  • Perekaman video format RAW 5.5K
  • Video 4K tanpa cropping
  • Build quality yang sangat baik
  • Sistem autofokus terbaik
Kekurangan
  • Tidak ada stabilisasi gambar

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS-1D X Mark III

HargaRp 108.550.000
Sensor20.1MP Full-frame CMOS
Video4K RAW/DCI/UHD 60fps
Monitor3.2-inch touchscreen, 2,100,000 titik
KonektivitasWi-Fi dan Bluetooth

Kami mulai rekomendasi kamera DSLR terbaik dengan Canon EOS-1D X Mark III. Kamera ini cocok bagi Anda yang mencari kamera untuk aksi dan olahraga.

Bisa dikatakan Canon EOS-1D X Mark III adalah kamera DSLR hybrid dan tercanggih untuk saat ini. Canon memproduksi seri 1D untuk menyasar para profesional di dunia fotografi. Kamera ini menggunakan sensor full-frame 20MP yang fantastis dan pengambilan video mentah 5,5K.

Ada juga fitur yang sangat luar biasa seperti optical Smart Controller. Canon EOS-1D X Mark III dibuat untuk kecepatan, artinya kamera ini sangat cocok digunakan untuk memotret obyek yang bergerak cepat seperti olahraga atau balapan.

Kamera ini memiliki fitur jendela bidik optik, yang dapat digunakan untuk memotret 16fps dengan 191 titik AF yang ditenagai prosesor Digic 8 (Digic X) yang memiliki kecepatan 380 kali lebih cepat dalam hal pemrosesan gambar.

Kombinasi inilah yang kemudian memunculkan fitur yang dinamakan Deep Learning AF (EOS iTR AFX). Ini adalah sebuah algoritma memungkinkan sistem AF untuk belajar sendiri dengan lebih cepat.

Artinya adalah, sistem fokus ini akan mempelajari titik fokus jauh lebih baik dari sistem autofokus pada umumnya.

Secara keseluruhan, dengan fitur dan teknologi mutakhir yang sudah dimiliki kamera ini, dan tentu saja harganya yang mencapai seratus jutaan, Canon EOS-1D X Mark III adalah kamera DSLR terbaik yang cocok untuk fotografer profesional.

Baca juga: Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula

Canon EOS 90D (Terbaik untuk Pernikahan/Even)

Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik
Canon EOS 90D
Kelebihan
  • Sensor gambar beresolusi tinggi
  • Video 4K/30p tanpa cropping
  • Layar Vari-angle touchscreen
  • Tahan debu dan cipratan air
  • Optical viewfinder
Kekurangan
  • Tidak ada stabilisasi gambar

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 90D

HargaRp 19.150.000 – Rp 19.375.000
SensorAPS-C CMOS 32.5 MP
Video4K 30/25p, FHD 120/100/60/50/30/25p
Monitor3-inch fully articulating touchscreen, 1.04m titik
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth

Canon EOS 90D adalah kamera DSLR yang memiliki banyak fitur dengan sensor resolusi tinggi dan kinerja yang cepat dan mulus.

Selain hasil gambar yang mengagumkan, keunggulan lain dari Canon EOS 90D adalah hasil perekaman video 4K tanpa cropping atau pemotongan. Artinya Anda bisa merekam video 4K dengan lebar sensor penuh.

Canon EOS 90D menggunakan sistem Dual Pixel CMOS AF Canon. Dengan sistem ini, Canon EOS 90D tetap akan dalam sistem autofokus yang baik ketika langsung berubah ke mode Live View.

Pada bagian sensor, Canon EOS 90D menggunakan sensor CMOS APS-C 32,5MP, yang artinya kamera akan menangkap lebih banyak detail.

Pada bagian konektivitas, kamera ini menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth yang terintegrasi dengan Canon Camera Connect (untuk Android dan iOS). Aplikasi ini digunakan untuk membantu transfer file dan kendali jarak jauh.

Secara keseluruhan, Canon EOS 90D adalah kamera DSLR yang bisa dikatakan cukup serba guna. Kecepatan autofokusnya yang sangat baik juga bisa digunakan untuk memotret obyek yang bergerak cepat seperti balapan mobil.

Dengan harga tidak sampai 20 jutaan, Canon EOS 90D adalah salah satu pilihan kamera DSLR terbaik yang ada saat ini.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Handycam Terbaik

Nikon D850 (Terbaik untuk Still Life Fotografi)

Kamera DSLR Terbaik
Nikon D850
Kelebihan
  • Hasil foto yang sangat detail dan tajam
  • Video 4K full frame
  • Autofokus terbaik di kelasnya
  • Viewfinder besar dan cerah
Kekurangan
  • Sistem fokus live view lambat

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D850

HargaRp 42.500.000
SensorFull-frame CMOS 45.7MP
Video4K
Monitor3.2-inch tilt-angle touchscreen, 2,359,000 titik
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth

Nikon D850 merupakan salam satu kamera DSLR terbaik yang pernah dibuat oleh Nikon. Kamera ini sangat bagus digunakan untuk memotret berbagai momen penting seperti pernikahan atau tipe fotografi lain seperti aksi, satwa, landscape dan still life fotografi.

Nikon D850 adalah perpaduan antara pemotretan berkecepatan tinggi dan sensor resolusi tinggi. Sensor Nikon D850 dirancang tanpa Anti-aliasing filter sehingga dapat menangkap detail sebaik mungkin.

Kecepatan pemotretan bersambung atau continuous shooting adalah 9fps (pada resolusi penuh) yang artinya Anda akan mendapatkan hasil foto yang tajam dengan detail yang sangat baik.

Kamera ini dibekali fitur SnapBridge yang bisa menghubungkan kamera dengan perangkat lain menggunakan Bluetooth. Dengan SnapBridge, transfer gambar bisa dilakukan secara realtime.

Selain Bluetooth, kamera ini juga sudah menggunakan WiFi. Dengan fitur dan harga yang ditawarkan, Nikon D850 ditujukan kepada pada pengguna tingkat lanjut hingga profesional.

Canon EOS 5D Mark IV (Terbaik untuk Fotografi Arsitektur)

Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik
Canon EOS 5D Mark IV
Kelebihan
  • Build quality solid
  • Sensor resolusi besar
  • Dual Pixel CMOS AF
  • Sistem autofokus yang sangat baik
Kekurangan
  • Perekaman video 4K yang dipotong hingga 1.64x

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 5D Mark IV

HargaRp 48.499.000
SensorCMOS 30.4MP
Video4K (4,096 x 2,160) 30fps
Monitor3.2in Clear View II touchscreen LCD; 1,620,000 titik
KonektivitasWi-Fi

Canon EOS 5D Mark IV merupakan kamera DSLR dengan fitur yang lengkap di kelasnya untuk saat ini. Kamera ini cocok bagi fotografi arsitektur, landscape, dan bahkan untuk memotret satwa liar. Ini adalah kamera yang cocok digunakan untuk sebagian besar situasi pemotretan.

Canon EOS 5D Mark IV menggunakan sensor CMOS 30.4MP dan prosesor DIGIC 6 dan DIGIC 6+. Ada juga teknologi Dual Pixel AF yang artinya ada titik deteksi fase pada sensor pencitraan itu sendiri sehingga autofokus akan berjalan dengan cepat.

Untuk perekaman video, kamera ini mampu merekam dengan video 4K (30/25/24fps). Namun hasil terbaik perekaman video kamera ini adalah ketika digunakan untuk merekam Full HD 1080p dan HD hingga 120fps.

Anda juga masih bisa menambahkan mikrofon dan headphone eksternal sehingga kamera ini sangat ideal digunakan merekam konten YouTube atau vlogging.

Untuk konektivitas, Canon EOS 5D Mark IV memiliki Wi-Fi dan NFC serta mendukung slot kartu SD dan CompactFlash.

Secara keseluruhan, Canon EOS 5D Mark IV adalah kamera DSLR terbaik dengan fitur lengkap yang cocok untuk para fotografer tingkat lanjut hingga profesional.

Canon EOS 7D Mark II (Terbaik untuk Fotografi Fashion)

Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik
Canon EOS 7D Mark II
Kelebihan
  • Tahan cuaca
  • 10fps continuous shooting
  • Tidak ada WiFi
  • Desain ergonomis
Kekurangan
  • Perekaman video maksimal 1080p
  • Tidak ada WiFi

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 7D Mark II

HargaRp 17.000.000 – Rp 17.250.000
SensorAPS-C 20.2MP CMOS
Video1,920 x 1,080 pixels (1080p)
Monitor3-inch 1,040k-dot LCD
Konektivitas

Anda mencari kamera DLSR yang tangguh dengan kualitas yang sangat bagus?

Canon EOS 7D Mark II bisa jadi salah satu pilihannya karena memiliki bodi yang tahan debu dan percikan air serta tentu saja kualitas pemotretan yang mengagumkan.

Salah satu keunggulan kamera ini adalah sistem fokus otomatisnya yang mampu memotret obyek yang bergerak dengan cepat namun tetap memiliki kualitas yang tajam. Noise juga dikontrol dengan baik, warna ditampilkan dengan akurat dan gambar memiliki detail yang mengesankan.

Canon EOS 7D Mark II menggunakan Dual Pixel AF yang artinya sensor Canon EOS 7D Mark II memiliki piksel yang dapat digunakan untuk pemfokusan deteksi fase dalam mode Live View dan Video. Artinya, sistem autofokus akan berjalan dengan cepat dan halus.

Beberapa fitur lain yang cukup penting adalah slot kartu ganda (satu SD/SDHC/SDXC dan satunya untuk CompactFlash), mode HDR (raw), eksposur ganda, dan GPS.

Hanya saja mungkin kekurangan kamera ini adalah tidak memiliki WiFi (Anda masih bisa mengakalinya dengan menggunakan adaptor Wi-Fi plug-in yang kompatibel dengan kamera ini).

Memperhatikan semua fitur dan spesifikasinya, Canon EOS 7D Mark II cocok digunakan untuk fotografi fashion, olahraga, dan tipe fotografi lain yang membidik obyek bergerak dengan cepat.

Nikon D780 (Terbaik untuk Fotografi Portrait)

Kelebihan
  • Video 4K tanpa cropping
  • Live view yang cepat
  • Sistem autofokus yang sangat baik
  • Mode burst 7fps yang luar biasa
Kekurangan
  • Bodi relatif berat dan besar

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D780

HargaRp 41.999.000
Sensor24.4MP full-frame CMOS
Video4K UHD, 30/25/24p
Monitor3.2-inch, 2359k-dot tilting touchscreen
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth

Nikon D500 (Terbaik untuk Fotografi Alam Liar)

Kamera DSLR Terbaik
Nikon D500
Kelebihan
  • Autofokus terbaik di kelasnya
  • Tahan cuaca
  • Kualitas gambar yang luar biasa
  • 10fps continuous shooting
Kekurangan
  • Autofokus Live View relatif lambat

Spesifikasi Kunci dan Harga Nikon D500

HargaRp 25.075.000 – Rp 25.425.000
SensorAPS-C CMOS 20.9MP
Video4K (UHD) 30/25/24fp, Full HD 60/50/30/25/24fps
Monitor3.2-inch tilt-angle touchscreen, 2,359,000 titik
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth

Nikon D500 adalah salah satu kamera DSLR terbaik yang ada di pasaran untuk saat ini. Di level harga yang ditawarkan, Anda akan memiliki kamera DSLR dengan sistem autofokus terbaik dan cepat.

Kinerja continuous-shooting dan autofokus kamera ini bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya. Nikon D500 cocok untuk para fotografer tingkat lanjut hingga profesional yang menginginkan kamera DSLR dengan ukuran ringkas dan ringan namun memiliki fitur yang menarik dan tentu saja hasil pemotretan dan perekaman video berkualitas.

Kamera ini menggunakan media prosesor EXPEED 5 yang menghadirkan kecepatan continuous-shooting maksimum 10 frame per detik serta kemampuan untuk merekam video 4K UHD.

Sensor RGB 180.000 piksel Nikon D500 memiliki fitur pengenalan pemandangan secara otomatis yang akan membantu autofokus yang lebih akurat deteksi subjek yang lebih baik.

Kesimpulannya, Nikon D500 adalah kamera DSLR yang hampir komplit dengan fitur yang mengagumkan. Kualitas gambarnya sangat baik untuk kelas sensornya, autofokus yang cepat dan akurat, dan kualitas perekaman video yang sangat berkualitas adalah beberapa keunggulan kamera ini.

Canon EOS 5DS R (Terbaik untuk Fotografi Landscape)

Kamera DSLR Terbaik
Canon EOS 5DS R (juzaphoto.com)
Kelebihan
  • Sensor dengan resolusi besar 50MP
  • Sistem autofokus 61 titik
  • Prosesor Dual Digic 6
  • Mode burst 5fps
Kekurangan
  • Belum ada video 4K

Spesifikasi Kunci dan Harga Canon EOS 5DS R

HargaRp 45.365.000 – Rp 45.665.000
SensorCMOS 50MP
Video1080/30p
Monitor3.0 inch 1.04M-dot LCD
Konektivitas

Rekomendasi dan pilihan kamera DSLR terbaik untuk saat ini adalah Canon EOS 5DS R. Ini adalah kamera DSLR dengan sensor full frame beresolusi tinggi.

Ini adalah salah satu kamera DSLR yang sangat ideal digunakan untuk fotografi landscape, studio, dan even seperti pernikahan.

Sistem autofokus Canon EOS 5DS R salah satu yang tercepat di kelasnya. Kamera ini memulai dan menangkap gambar dengan fokus dalam waktu sekitar 0,7 detik.

Untuk perekaman video, sayangnya Canon EOS 5DS R masih terbatas pada resolusi 1080p/30 dengan kompresi All-I atau IPB. Anda juga dapat mengatur kamera ke 24fps saat merekam video 1080p, atau ke 60fps saat merekam pada resolusi 720p, dengan opsi kompresi yang sama.

Canon EOS 5DS R memiliki mikrofon terintegrasi, tetapi Anda juga masih bisa menggunakan mikrofon eksternal melalui input yang disediakan untuk hasil suara yang lebih maksimal.

Kamera ini memiliki slot kartu memori ganda, satu untuk CompactFlash dan satu lagi untuk SD/SDHC/SDXC.

Secara keseluruhan, Canon EOS 5DS R adalah kamera DSLR yang layak diunggulkan. Resolusinya yang besar yang dipadukan dengan sistem autofokus yang memastikan pengambilan gambar tetap stabil adalah hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih kamera ini.

Penutup

Terbaik adalah relatif. Pilihan dan rekomendasi kamera DSLR di atas adalah beberapa versi yang terbaik menurut kami (dan bisa saja bukan untuk penilai lain).

Tentu saja harapan kami apa yang kami rekomendasikan di atas bisa memenuhi apa yang Anda cari dari kamera DSLR impian Anda.

Jadi, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran kamera DSLR terbaik mana yang cocok untuk Anda?

Catatan: harga yang ditampilkan adalah ketika artikel ini ditulis, tidak mengikat, dan bisa saja berubah tergantung pada kebijakan masing-masing penjual.

Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002 sebagai part-time blogger dan internet marketer. Tertarik dengan teknologi pada umumnya, pengembangan website dan gadget pada khususnya.