Rekomendasi Headset Gaming Bluetooth

Anda mencari headset gaming bluetooth? Berikut akan kami rekomendasikan pilihan terbaiknya menurut kami dari yang murah hingga mahal.

Bermain game tanpa didukung audio yang menggelegar akan mengurangi pengalaman bermain game Anda. Menggunakan speaker yang berkualitas tentu pilihan terbaik.

Namun bermain game menggunakan speaker bisa saja mengganggu kenyamanan orang di sekitar Anda yang mungkin tidak ingin terganggu dengan suara game Anda. Solusi terbaiknya adalah menggunakan headset.

Headset dengan konektivitas bluetooth saat ini semakin berkembang dan semakin berkualitas. Menggunakan headset bluetooth cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet melihat kabel bergelantungan.

Saat ini di pasaran banyak sekali produk varian headset gaming bluetooth mulai dari yang murah hingga yang benar-benar sangat berkualitas.

Karena itulah kami akan membantu Anda memilihkan beberapa produk headset yang sudah menggunakan bluetooth mulai dari harga yang relatif terjangkau hingga yang relatif mahal.

Kami akan fokus mencarikan headset bluetooth yang berkualitas (bukan yang murahan atau abal-abal) supaya Anda bisa memilih yang terbaik sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Headset Gaming BlueTooth
Rekomendasi Headset Gaming BlueTooth (RyanKing999/istockphoto)
Pengungkapan: Rekomendasi yang saya tulis di sini berdasarkan penelitian, peninjauan, memeriksa fakta, dan observasi produk secara online. Saya juga menyertakan tautan afiliasi supaya saya dapat memperoleh komisi jika Anda membeli produk melalui tautan tersebut. Komisi ini mendukung pekerjaan saya namun tidak mempengaruhi apa yang saya tulis di artikel ini.

8 Headset Gaming Bluetooth Berkualitas

Creative SXFI Air

Headset Gaming BlueTooth
Creative SXFI Air (creative.com)
Kelebihan
  • Kualitas audio yang mengagumkan untuk gaming, musik, dan menonton film
  • Nyaman digunakan
  • Teknologi SXFI audio yang impresif
  • Konektivitas sangat bagus
Kekurangan
  • Masih ada delay suara

Fitur dan Harga Creative SXFI Air

HargaRp 1.899.500
Frequency response20hz – 20khz
Impedance32 Ohm
KonektivitasBluetooth 4.2
Driver Unit50mm Neodymium Magnet

Rekomendasi headset gaming bluetooth yang pertama adalah Creative SXFI Air. Dibanderol sekitar 1,9 jutaan, Creative SXFI Air menghadirkan suara yang luar biasa, audio game posisional yang efektif, dan sangat nyaman.

Headset ini juga memiliki beberapa pilihan konektivitas. Headset ini memiliki slot micro-SD yang memungkinkan Anda memutar musik yang tersimpan di kartu memori.

Ukurannya cukup besar dengan lubang suara yang tebal dan empuk, bagian bantalan di bagian bawah ikat kepala cukup tipis, hasilnya adalah rasa nyaman meski digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Driver 50mmnya yang besar melakukan pekerjaan yang baik dalam menghadirkan audio yang jernih di seluruh efek suara dengan reproduksi bass yang mengesankan. Ledakan dan tembakan dalam permainan terdengar sangat menggelegar dan akan membuat Anda terkagum-kagum.

Tidak hanya untuk gaming, Creative SXFI Air juga sangat nyaman dan nikmat digunakan mendengarkan musik, untuk menonton film dan video lainnya. Creative SXFI Air menyertakan sepasang mikrofon yang dapat ditukar.

Secara keseluruhan, Creative SXFI Air adalah salah satu headset gaming paling nyaman dengan kualitas seimbang dengan harga yang ditawarkan.

Baca juga: Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik

Corsair Virtuoso XT RGB

Headset Gaming BlueTooth
Corsair Virtuoso XT RGB
Kelebihan
  • Sound sangat berkualitas
  • Sangat nyaman digunakan
  • 3 pilihan konektivitas
  • Konektivitas simultan
Kekurangan
  • Harga relatif mahal

Fitur dan Harga Corsair Virtuoso XT RGB

HargaRp 3.890.000
Frequency response20Hz – 40 kHz
Impedance32 Ohms
Konektivitas3.5mm, USB Type-A cable, USB Type-A dongle, Bluetooth
Driver Unit50mm

Corsair Virtuoso XT RGB adalah salah satu headset gaming bluetooth terbaik yang pernah dibuat Corsair. Headset ini fungsional, serbaguna, dan bahkan modelnya juga memiliki gaya.

Tidak hanya untuk bermain game, Corsair Virtuoso XT RGB juga sangat nikmat digunakan mendengarkan musik dan menonton film. Anda bisa menghubungkan dan memutar audio dari PC dan telepon (atau perangkat Bluetooth lainnya) secara bersamaan dengan headset ini.

Corsair menyertakan kabel USB-C untuk pengisian daya/konektivitas kabel dan mikrofon yang dapat dilepas. Earcup Corsair Virtuoso XT RGB berukuran cukup besar namun sangat nyaman digunakan selama berjam-jam.

Corsair Virtuoso XT RGB bisa dikatakan headset bluetooth yang sangat sempurna, kelemahan utamanya adalah harganya yang menyentuh hampir 4 jutaan. Namun kalau Anda memang mencari yang berkualitas terbaik, Corsair Virtuoso XT RGB adalah pilihannya.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Steelseries Arctis Pro Wireless

Headset Gaming BlueTooth
Steelseries Arctis Pro Wireless
Kelebihan
  • Sangat nyaman
  • Audio yang sangat berkualitas
  • Beberapa pilihan konektivitas
  • Sistem baterai yang dapat ditukar
Kekurangan
  • Harga relatif mahal

Fitur dan Harga Steelseries Arctis Pro Wireless

HargaRp 5.749.000
Frequency response10 – 40,000 Hz
Impedance32 Ohm
KonektivitasDual Wireless: 2.4G lossless + Bluetooth
Driver Unit40mm

Steelseries Arctis Pro Wireless adalah headset gaming yang mahal dan serbaguna, dengan audio yang bagus dan suara surround yang solid. Anda akan mendapatkan kualitas yang sebanding dengan harga yang dibayarkan.

Steelseries Arctis Pro sangat nyaman dan kokoh. Memiliki bingkai yang terbuat dari aluminium yang dapat diatur kekencangannya menggunakan patch velcro. Bantalan di sekitar earcup terbuat dari bahan kain airweave yang membuatnya sangat nyaman digunakan hingga berjam-jam.

Fitur paling menonjol dari desain Arctis Pro adalah sistem baterai yang dapat ditukar (ada dua baterai yang dapat diisi ulang) yang masing-masing mampu digunakan hingga 10 jam.

Rentang respons frekuensi Arctis Pro sangat besar, mulai dari 10Hz hingga 40KHz dan merupakan headset wireless pertama di dunia yang kompatibel dengan resolusi tinggi.

Ada teknologi DTS Headphones:X dengan pemancar yang menawarkan pengaturan surround 7.1 virtual yang dapat dihidupkan atau dimatikan. Koneksi wirelessnya juga sangat terbaik, koneksi 2,4 GHz benar-benar bebas lag, dan opsi tambahan koneksi Bluetooth juga bebas hambatan.

Steelseries Arctis Pro Wireless merupakan headphone Bluetooth premium yang sangat kaya fitur. Harganya sangat mahal, namun sangat sepadan dengan fitur dan performanya.

Baca juga: Rekomendasi Monitor Gaming Murah

Anker Soundcore Life Q20

Headset Gaming BlueTooth
Anker Soundcore Life Q20
Kelebihan
  • Sangat nyaman
  • Performa audio yang powerful dengan kedalaman bass yang intens
  • Baterai awet
Kekurangan
  • Tidak ada aplikasi untuk kustomisasi

Fitur dan Harga Anker Soundcore Life Q20

HargaRp 1.099.000
Frequency response16 Hz – 40 kHz
Impedance16 Ohm
KonektivitasBluetooth 5.0
Driver Unit2 × 40 mm

Rekomendasi headset gaming bluetooth yang berikutnya adalah Anker Soundcore Life Q20 dengan fitur Active Noise Cancellation (ANC). Anker Soundcore Life Q20 cukup nyaman dan memiliki baterai yang awet.

Meski menggunakan bahan plastik, Anker Soundcore Life Q20 adalah headset yang sangat solid. Bodi plastik juga membuatnya sangat ringan. Untuk pengisian daya, sayangnya headset dengan banderol sejutaan ini masih menggunakan microUSB.

Di sisi lain, untungnya headset ini juga memiliki jack analog 3.5mm seandainya saja baterai Anda habis. Namun Anda bisa merasa tenang, baterai Anker Soundcore Life Q20 sangat awet. Ketika fitur ANC aktif, baterainya bisa bertahan 30 jam, sedangkan ketika fitur ANC dimatikan, baterai bisa mencapai 60 jam pemakaian.

Bahkan fitur charging headset ini juga cepat, pengisian daya selama 5 menit dan Anda bisa menggunakannya selama 4 jam.

Anker Soundcore Life Q20 sudah menggunakan Bluetooth 5.0 dengan koneksi yang sangat bagus bebas putus-putus. Anker Soundcore Life Q20 juga memiliki fitur BassUp, yang meningkatkan bass sesuai dengan kehendak.

Dengan semua fitur yang dimilikinya, headset ini tidak hanya oke untuk gaming, dengan baterainya yang awet, ini adalah headset yang sangat cocok digunakan ketika bepergian.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming Dibawah 10 Juta

JBL Tune 500BT

Headset Gaming BlueTooth
JBL Tune 500BT
Kelebihan
  • Ringan dan nyaman di telinga
  • Bass cukup dalam
  • Kualitas suara powerful
  • Pilihan konektvitas
Kekurangan
  • Tidak ada pilihan koneksi kabel

Fitur dan Harga JBL Tune 500BT

HargaRp 485.000
Frequency response20Hz – 20kHz
Impedance32 Ohm
KonektivitasBluetooth 4.1
Driver Unit32 mm

Anda mencari pilihan headset bluetooth untuk gaming namun harganya terjangkau serta tetap berkualitas? Anda bisa melirik JBL Tune 500BT.

JBL Tune 500BT praktis nyaman dipakai, dengan daya tahan baterai hingga 16 jam dengan pengisian cepat dan memiliki respons bass yang mengagumkan. Ada juga remote 3 tombol untuk mengontrol perangkat Android dan iOS dan ada juga mikrofon internal.

Dengan Bluetooth 4.1, headset ini secara umum bebas hambatan dan memiliki kemampuan stabil setidaknya hingga sepuluh meter. Headset ini dilengkapi dengan fungsi koneksi multipoint dan dapat dipasangkan dengan dua perangkat secara bersamaan.

Headset ini juga sangat nyaman, ringan, dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bagian earcup menggunakan bantalan busa kulit lembut dengan lapisan beludru imitasi yang membuatnya sangat nyaman digunakan berjam-jam.

Secara keseluruhan, JBL Tune 500BT adalah headset dengan daya tahan, portabilitas, dan suara berkualitas tinggi, yang cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan audio Anda terutama bermain game.

Sony WH-CH510

Headset Gaming BlueTooth
Sony WH-CH510
Kelebihan
  • Audio solid dan powerful
  • Baterai awet
  • Harga seimbang dengan kualitas keseluruhan
Kekurangan
  • Tidak ada jack 3.5mm

Fitur dan Harga Sony WH-CH510

HargaRp 549.000
Frequency response20Hz – 20.000Hz
Impedance32 Ohm
KonektivitasBluetooth 5.0
Driver Unit30 mm

Dengan anggaran 500 ribuan, salah satu pilihan headset bluetooth gaming terbaik yang bisa Anda pilih adalah Sony WH-CH510.

Sony WH-CH510 memiliki audio yang solid, daya tahan baterai yang luar biasa, dan konektivitas bluetooth yang stabil. Desainnya adalah “on-ear”, artinya earcup tidak menutupi atau mengelilingi telinga, yang berarti akan berada di permukaan atas telinga.

Desain ini membuatnya memiliki ukuran yang relatif kecil dan ringkas namun bagi beberapa orang mungkin akan terasa kurang nyaman.

Daya tahan baterainya bisa bertahan 35 jam, dan 10 menit charging bisa digunakan hingga 90 menit.

Kekurangan headset ini adalah tidak memiliki port headphone 3.5mm berarti Anda tidak bisa menggunakan mode kabel ketika kehabisan baterai.

Sony WH-CH510 adalah headset yang relatif terjangkau dengan kualitas audio yang sangat bagus. Jika desain on-ear bukan masalah untuk Anda, Sony WH-CH510 adalah headset gaming bluetooth terbaik yang bisa dibeli saat ini.

Jabra Elite 45h

Headset Gaming BlueTooth
Jabra Elite 45h
Kelebihan
  • Desain portabel dan ringan
  • Baterai awet
  • Support Google Assistant and Alexa
  • Kualitas audio yang seimbang
Kekurangan
  • Tidak ada jack headphone

Fitur dan Harga Jabra Elite 45h

HargaRp 1.169.000
Frequency response20Hz – 20,000Hz
Impedance
KonektivitasBluetooth 5.0
Driver Unit40 mm

Jabra Elite 45h sangat ringan dan portabel. Selain memiliki audio yang bagus, headset ini juga memiliki fitur tahan debu dan cipratan air.

Headset ini memiliki kontrol suara yang kompatibel dengan Amazon Alexa, Google Assistant, dan Siri. Ada juga fitur Jabra Sound+ yang membantu menetapkan dengan tepat bagaimana EQ harus diatur agar sesuai dengan telinga Anda.

Dan yang tidak kalau hebat adalah, daya tahan baterai bisa bertahan hingga 50 jam pemakaian. Charging sudah menggunakan USB-C dan untuk pengisian daya selama 15 menit Anda bisa menggunakannya selama 10 jam.

Jabra Elite 45h menggunakan Bluetooth 5.0 dan mempertahankan koneksi yang tetap stabil dalam rentang jarak hingga 10 meter.

Harman Kardon Fly ANC

Headset Gaming BlueTooth
Harman Kardon Fly ANC
Kelebihan
  • Desain menarik
  • Build quality solid
  • Mendukung Google Assistant dan Alexa
  • Kualitas audio yang mengagumkan
Kekurangan
  • Charging micro-USB

Fitur dan Harga Harman Kardon Fly ANC

HargaRp 3.349.000
Frequency response16Hz – 22kHz
Impedance32 ohm
KonektivitasBluetooth 4.2
Driver Unit40 mm

Rekomendasi headset gaming bluetooth yang terakhir adalah Harman Kardon Fly ANC. Headset ini masuk dalam kategori peripheral premium.

Pada bagian earcup, eksterior housing, dan ikat kepala dilapisi oleh bahan kulit imitasi yang berkualitas serta memiliki tekstur yang halus, sementara bantalannya lembut dan nyaman. Casingnya terbuat dari logam dengan sentuhan akhir matte dan aksen krom.

Kualitas audionya sangat bagus dengan mid dan high yang jernih tanpa distorsi atau desis dalam volume tinggi.

Harman Kardon FLY ANC dilengkapi dengan baterai 700mAh yang mampu menyediakan waktu putar nirkabel selama 20 jam dengan ANC aktif, atau hingga 30 jam dengan ANC mati. Pengisian daya hingga penuh membutuhkan waktu kurang dari dua jam.

Anda juga bisa melakukan pengisian daya cepat selama 15 menit, yang dapat digunakan hingga 2,5 jam. Kalau baterainya habis, Anda masih bisa beralih ke mode kabel.

Secara keseluruhan, Harman Kardon Fly ANC adalah headset yang memiliki suara yang bagus, pengurangan kebisingan yang relatif baik, nyaman dan desain yang terlihat sangat premium.

Penutup

Dari berbagai jenis dan merk headset bluetooth yang ada di pasaran saat ini, 8 headset di atas menurut kami adalah pilihan terbaik untuk bermain game.

Semua headset yang kami sebutkan di atas semuanya memiliki kualitas audio yang powerful dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Keputusan akhir bagaimanapun ada di tangan Anda. Semoga pada akhirnya Anda bisa menemukan headset gaming bluetooth yang cocok dengan selera dan anggaran yang Anda miliki.

Baca juga:

Catatan: harga yang ditampilkan adalah ketika artikel ini ditulis, tidak mengikat, dan bisa saja berubah tergantung pada kebijakan masing-masing penjual.

Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002 sebagai part-time blogger dan internet marketer. Tertarik dengan teknologi pada umumnya, pengembangan website dan gadget pada khususnya.