Rekomendasi HDD Laptop

Apakah Anda sedang mencari HDD laptop? Kami akan membantu Anda memilihkan beberapa rekomendasi HDD terbaik yang bisa dipertimbangkan.

Hard drive (HDD) internal laptop adalah perangkat penyimpanan paling populer dan masih paling banyak dipakai pada saat ini. Hard drive bervariasi dalam kapasitas penyimpanan, kecepatan akses data, dan faktor bentuk.

Karena itulah sangat penting untuk menetapkan persyaratan dasar ketika mempertimbangkan HDD. Karena bagaimanapun juga, HDD internal laptop akan memiliki tugas menyimpan semua informasi (file atau data), sistem operasi, dan program.

Hard disk drive hadir dalam dua faktor bentuk standar yaitu drive 3,5 inci dan drive 2,5 inci. Pemberian ukuran ini mengacu pada ukuran piringan data.

HDD ukuran 2,5 inci lebih kecil, sehingga bisa muat di laptop. Selain itu, HDD 2,5 inci juga membutuhkan lebih sedikit daya untuk berputar dan menggunakan daya dari laptop tanpa menggunakan catu daya eksternal.

HDD internal juga memengaruhi waktu pemuatan laptop Anda dan kinerja secara keseluruhan. Hard drive bertanggung jawab atas seberapa cepat laptop menyaring file, dan menyalin serta menempelkan data.

Drive juga mengatur pemuatan program. Hard drive memiliki satu atau lebih disk magnetik yang berputar untuk penyimpanan data, dan beberapa kepala bergerak yang mentransfer informasi antar piringan.

Sebagian besar hard drive internal laptop berputar pada 5.400 hingga 7.200 putaran per menit.

Pertanyaannya adalah: merk HDD laptop yang mana yang saat ini bisa menjadi pilihan terbaik?

Terbaik tidak selalu yang termahal. Karena itulah kami akan membantu Anda memilihkan beberapa produk HDD untuk laptop dari yang memiliki harga murah hingga yang di atas rata-rata. Harapannya untuk memudahkan Anda memilih sesuai anggaran yang dimiliki.

Pengungkapan: Rekomendasi yang saya tulis di sini berdasarkan penelitian, peninjauan, memeriksa fakta, dan observasi produk secara online. Saya juga menyertakan tautan afiliasi supaya saya dapat memperoleh komisi jika Anda membeli produk melalui tautan tersebut. Komisi ini mendukung pekerjaan saya namun tidak mempengaruhi apa yang saya tulis di artikel ini.

Catatan: produk HDD yang ditampilkan sudah disaring khusus untuk laptop dengan ukuran 2,5 inci.

5 HDD Laptop Paling Bagus

Seagate Barracuda Internal HDD

HDD Laptop
Seagate Barracuda

Spesifikasi Kunci dan Harga Seagate Barracuda 2,5 Inci

HargaRp 615.000 – Rp 1.210.000
Ukuran500GB / 1TB / 2TB
Kecepatan Putar5400RPM
InterfaceSATA 6Gb/s
Kecepatan TransferMax Transfer 140MB/s

Beli di Shopee

500GBLINK
1TBLINK
2TBLINK

Seagate Barracuda merupakan salah satu produk andalan dan terlari dari merk Seagate. Ada pilihan 3,5 inci untuk PC desktop dan ada juga yang 2,5 inci untuk laptop.

Keduanya berbagi fitur dan teknologi yang sama. Tersedia ukuran mulai 500GB hingga 2TB dengan kecepatan perputaran disk 5400 RPM dan cache 128MB.

Baca juga: Rekomendasi SSD Laptop Dari SATA Hingga NVMe

WD Blue

HDD Laptop
WD Blue

Spesifikasi Kunci dan Harga WD Blue 2,5 Inci

HargaRp 655.000 – Rp 765.000
Ukuran320 GB / 500 GB / 1TB / 2TB
Kecepatan Putar5400RPM
InterfaceSATA 6Gb/s
Kecepatan TransferMax Transfer 180MB/s

Beli di Shopee

500GBLINK
1TBLINK

Western Digital adalah nama yang cukup terkenal di dunia hard drive, merk ini sudah terjun di dunia hard drive selama lima dekade.

Salah satu produk terlarisnya adalah seri WD Blue yang paling cocok untuk mencadangkan file besar atau menyimpan media, daripada digunakan untuk game.

WD Blue memiliki beberapa keunggulan seperti suaranya senyap, pengaturan suhu yang sangat baik, dan menggunakan daya yang sedikit lebih sedikit. HDD ini cenderung lebih cocok digunakan untuk menyimpan file foto dan video.

Meski begitu, bukan berarti ini adalah HDD yang lambat, Anda juga masih bisa menggunakannya sebagai partisi utama untuk menyimpan OS namun memang mungkin performanya tidak akan secapat ketika menggunakan SSD.

Baca juga: Rekomendasi Hard Disk External Terbaik

WD Black

HDD Laptop
WD Black

Spesifikasi Kunci dan Harga WD Black 2,5 Inci

HargaRp 115.000 – Rp 854.000
Ukuran250GB / 500GB / 1TB
Kecepatan Putar7200RPM
InterfaceSATA 6Gb/s
Kecepatan TransferMax Transfer 218MB/s

Beli di Shopee

250GBLINK
500GBLINK

Rekomendasi HDD laptop yang berikutnya masih dari Western Digital yaitu seri WD Black. Sama seperti WD Blue, seri WD Black juga merupakan produk HDD terlaris selama bertahun-tahun.

Seri WD Black secara teknis performanya lebih cepat daripada WD Blue. HDD WD Black ini lebih cocok digunakan untuk menyimpan file atau media berukuran besar dan sebagai partisi utama untuk menyimpan sistem operasi.

Seagate Laptop Thin

HDD Laptop
Seagate Laptop Thin

Spesifikasi Kunci dan Harga Seagate Laptop Thin

HargaRp 580.000 – Rp 684.000
Ukuran500GB / 1TB
Kecepatan Putar5400RPM
InterfaceSATA3 6Gb/s
Kecepatan TransferMax Transfer 218MB/s

Beli di Shopee

500GBLINK
1TBLINK

Seagate Laptop Thin menggunakan satu piringan yang berputar pada 5400 RPM, menggunakan cache data 16 MB, dan berkomunikasi melalui antarmuka SATA 6 Gb/s. Seagate Laptop Thin hard drive 2,5” yang solid dengan performa yang cukup baik.

Selain itu, HDD tipis ini tidak membutuhkan banyak daya sehingga tidak terlalu membebani baterai laptop Anda.

Seagate Exos

HDD Laptop
Seagate Exos (seagate.com)

Spesifikasi Kunci dan Harga Seagate Exos

HargaRp 3.950.000 – Rp 5.950.000
Ukuran1TB / 2 TB
Kecepatan Putar7200RPM
InterfaceSAS 12Gb/s
Kecepatan TransferMax Transfer 524 MB/s

Beli di Shopee

1TBLINK
2TBLINK

Rekomendasi HDD laptop yang terakhir adalah Seagate Exos. Seagate Exos merupakan produk HDD enterprise yang ditujukan untuk perusahaan yang membutuhkan penyimpanan berskala besar.

Meski HDD ini menyasar pengguna enterprise, namun Anda tentu saja tetap bisa menggunakan HDD ini untuk laptop pribadi.

Karena ini produk enterprise, tentu saja fitur yang diberikan juga sangat bagus seperti susunan RAID berkapasitas tinggi digunakan untuk aplikasi data besar, sistem file terdistribusi, dan platform pemulihan bencana.

Seagate Exos menggunakan model SATA Hyperspace, dirancang untuk transfer data besar dengan latensi rendah, dan sensor digital di dalamnya menyesuaikan perubahan termal untuk memberikan kinerja yang optimal.

Penutup

Sebagian besar produsen drive saat ini bisa dikatakan lebih fokus untuk mengembangkan penyimpanan SSD. Akibatnya, tidak ada fitur-fitur baru yang mutakhir yang disematkan pada HDD.

Namun karena harga SSD yang cenderung lebih mahal, tentu saja memilih HDD masih merupakan keputusan yang bijaksana dan bisa bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

Pilihlah produk yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki dan tentu saja memiliki garansi yang jelas dengan durasi yang panjang.

Hingga bagian akhir ini, kami harap Anda sudah bisa menentukan dan memilih HDD laptop yang sesuai dengan keinginan Anda.

Catatan: harga yang ditampilkan adalah ketika artikel ini ditulis, tidak mengikat, dan bisa saja berubah tergantung pada kebijakan masing-masing penjual.

Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002 sebagai part-time blogger dan internet marketer. Tertarik dengan teknologi pada umumnya, pengembangan website dan gadget pada khususnya.