Rekomendasi Hard Disk External Terbaik

Apakah Anda mencari hard disk external terbaik? Berikut ini kami rekomendasikan pilihan terbaik versi kami dari berbagai merk dan harga.

Menggunakan hard disk external adalah salah satu solusi mudah dan cepat untuk menyimpan file besar yang mungkin tidak cukup di penyimpanan internal.

Memilih hard disk eksternal terbaik bisa menjadi tantangan tersendiri karena tersedia dalam berbagai format, ukuran, dan build quality serta menawarkan opsi konektivitas dan fitur lain yang berbeda.

Namun kami akan membantu memudahkan bagi Anda, kami telah mengumpulkan pilihan hard disk eksternal yang menurut kami terbaik untuk saat ini.

Kami memilihkan perangkat dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti:

  • Kualitas dan daya tahan
  • Portabilitas
  • Pilihan kapasitas
  • Kecepatan transfer
  • Konektivitas
  • Harga dari berbagai level.

Saat membeli hard drive eksternal terbaik untuk kebutuhan Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan perangkat yang dapat menyimpan file penting Anda dengan aman dan terjamin.

Selain itu, semakin besar kapasitasnya tentu semakin baik. Apa gunanya menambah hard disk external kalau kapasitasnya nanggung atau terlalu kecil yang akhirnya membuat Anda kehabisan ruang dan terpaksa membeli lagi yang lain.

Pertimbangan lain, hard disk external terbaik juga harus dapat diandalkan dan kokoh, sehingga Anda dapat menyimpan data dengan aman tanpa khawatir. Hard disk external juga harus cukup ringan untuk dibawa bepergian (portabilitas).

Pengungkapan: Rekomendasi yang saya tulis di sini berdasarkan penelitian, peninjauan, memeriksa fakta, dan observasi produk secara online. Saya juga menyertakan tautan afiliasi supaya saya dapat memperoleh komisi jika Anda membeli produk melalui tautan tersebut. Komisi ini mendukung pekerjaan saya namun tidak mempengaruhi apa yang saya tulis di artikel ini.

5 Hard Disk External Terbaik Tahun Ini

WD My Passport

Hard Disk External Terbaik
WD My Passport
Kelebihan
  • Kecepatan transfer sangat baik
  • Tersedia dalam berbagai kapasitas besar
  • Fitur enskripsi AES-256
  • Desain portabel dan ringan
  • Harga kompetitif
Kekurangan
  • Casing licin

Spesifikasi Kunci dan Harga WD My Passport

HargaRp 699.000 – Rp 1.844.000
Pilihan Kapasitas1TB / 2TB / 4TB / 5TB
InterfaceUSB 3.0
Kecepatan TransferUp to 480MB/detik

Kami awali rekomendasi hard disk external terbaik dari salah produk terlaris yang pernah ada yaitu WD My Passport. HDD external ini memiliki reputasi sebagai perangkat yang solid, memiliki fitur keamanan dengan password, dan pilihan kapasitas besar hingga 5 TB.

Perangkat ini siap menyimpan file dan data penting Anda dalam jumlah banyak serta menjaganya tetap aman. Anda juga akan mendapatkan software WD Discovery yang memungkinkan Anda mengelola hampir semua hal tentang drive Anda.

WD Discovery sangat bermanfaat untuk mengaktifkan perlindungan kata sandi berbasis enkripsi 256-bit, memperbarui firmware, mengonfigurasi dan memeriksa kesehatan drive, dan pencadangan yang terintegrasi dengan layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive.

Baca juga: Rekomendasi SSD Laptop Dari SATA Hingga NVMe

WD My Book

Hard Disk External Terbaik
WD My Book
Kelebihan
  • Kecepatan transfer data yang sangat baik
  • Mendapatkan software backup
  • Fitur enskripsi
  • Kompatibel dengan berbagai sistem operasi
Kekurangan
  • Ukuran cukup besar dan tebal
  • Membutuhkan stop kontak sendiri

Beli di Shopee

4TBLINK
6TBLINK
8TBLINK
12TBLINK
14TBLINK
16TBLINK

Spesifikasi Kunci dan Harga WD My Book

HargaRp 1.605.000 – Rp 8.170.000
Pilihan Kapasitas4TB / 6TB / 8TB / 12TB / 14TB / 16TB
InterfaceUSB 3.0
Kecepatan TransferUp to 5Gbps/detik

Kalau Anda mencari HDD external dengan kapasitas yang besar sesungguhnya, WD My Book bisa menjadi pilihannya karena memiliki beberapa pilihan kapasitas storage dari 4TB hingga 16TB.

Perangkat ini kompatibel dengan Mac dan PC Windows. WD My Book menggunakan koneksi USB 3.0 Tipe-A serta memiliki kecepatan baca (read) 190MB/dtk dan tulis (write) 180MB/dtk. WD My Book adalah perpaduan antara kapasitas, harga, dan kinerja.

Baca juga: Rekomendasi HDD Laptop Terbaik

Seagate One Touch HDD

Hard Disk External Terbaik
Seagate One Touch HDD
Kelebihan
  • Proteksi password
  • USB Type-C
  • Kecepatan read/write tinggi
Kekurangan
  • Cenderung cepat panas

Beli di Shopee

1TBLINK
2TBLINK
4TBLINK
5TBLINK

Spesifikasi Kunci dan Harga Seagate One Touch HDD

HargaRp 765.000 – Rp 1.990.000
Pilihan Kapasitas1TB / 2TB / 4TB / 5TB
InterfaceUSB 3.0
Kecepatan TransferUp to 1,030 MB/detik

Rekomendasi HDD external terbaik berikutnya adalah Seagate One Touch. HDD external ini memiliki fitur keamanan dengan perlindungan password AES-256 Hardware Encryption yang artinya orang lain tidak akan bisa mengakses semua file penting yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, Seagate juga memberikan layanan gratis selama 3 tahun untuk layanan Rescue Data Recovery.

Seagate One Touch menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen 1 (USB 3.0) yang juga kompatibel untuk semua sistem Windows dan Mac. Untuk kecepatan tulis (read) adalah 110 MB/dtk dan kecepatan baca (read) 98 MB/dtk.

Baca juga: Rekomendasi SSD External Terbaik

Toshiba Canvio Basics

Hard Disk External Terbaik
Toshiba Canvio Basics
Kelebihan
  • Transfer cepat
  • Ringan dan portabel
  • Tanpa daya external
Kekurangan
  • Cenderung cepat panas

Beli di Shopee

320GBLINK
1TBLINK
2TBLINK
4TBLINK

Spesifikasi Kunci dan Harga Toshiba Canvio Basics

HargaRp 250.000 – Rp 1.550.000
Pilihan Kapasitas320GB / 1TB / 2TB / 4TB
InterfaceUSB 3.2 Gen 1
Kecepatan Transfer5.0 Gbit/detik

Rekomendasi hard disk external terbaik berikutnya adalah Toshiba Canvio Basics yang dibanderol dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Mengusung nama “Basic” atau artinya dasar yang dimaksudkan HDD external ini hanya fokus pada fungsi utamanya sebagai HDD external tanpa ada embel-embel fitur tambahan lainnya.

Toshiba Canvio Basics Micro-USB 3.0 dengan kecepatan disk berputar 5.400 rpm. Sedangkan untuk kecepatan baca (read) mencapai 117MB/dtk dan tulis (write) 114 MB/dtk. Perangkat ini secara default sudah kompatibel dengan Windows dan untuk Mac harus diformat ulang.

Seagate Backup Plus

Hard Disk External Terbaik
Seagate Backup Plus
Kelebihan
  • Desain ringkas dan portabel
  • Kecepatan transfer tinggi
  • Kompatibel dengan MAC
Kekurangan
  • Tidak ada port USB-C

Beli di Shopee

1TBLINK
2TBLINK

Spesifikasi Kunci dan Harga Seagate Backup Plus

HargaRp 875.000 – Rp 1.220.000
Pilihan Kapasitas1TB / 2TB
InterfaceUSB 3.0
Kecepatan TransferUp to 220MB/detik

Sebagai salah satu “pemain” besar di dunia hard drive, Seagate memiliki berbagai produk pilihan hard disk external dan salah satunya adalah Seagate Backup Plus. Dengan harga relatif terjangkau, Seagate Backup Plus memiliki beberapa fitur plus jika dibandingkan kompetitornya.

Salah satu fitur tersebut adalah software Seagate Dashboard yang bisa dimanfaatkan untuk mencadangkan data di dalam hard disk secara online, membagikan gambar dan video Anda di media sosial, dan menyimpan gambar dan video dari akun media sosial Anda.

Seagate Backup Plus menggunakan port micro-USB 3.0 yang cukup cepat untuk transfer data. Desainnya yang ringkas dan portabel tentu saja membuat hard disk external ini mudah dibawa kemanapun Anda bepergian.

Penutup

Perkembangan HDD pada saat ini bisa dikatakan tidak berjalan ke depan. Produsen hard drive sebagian besar sudah fokus mengembangkan driver berbasis SSD yang memang jauh lebih cepat daripada HDD.

Karena itulah tidak terlalu banyak pilihan berkualitas ketika kita mencari HDD external untuk saat ini.

Jika Anda terkendala dengan anggaran yang tidak banyak, memilih HDD external sebagai drive tambahan masih sangat mumpuni hingga beberapa tahun ke depan.

Apalagi HDD juga banyak tersedia dengan ukuran yang besar (daripada SSD) dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda memang mencari hard disk external terbaik yang sesungguhnya, 5 produk di atas adalah pilihan masuk akal untuk saat ini.

Catatan: harga yang ditampilkan adalah ketika artikel ini ditulis, tidak mengikat, dan bisa saja berubah tergantung pada kebijakan masing-masing penjual.

Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002 sebagai part-time blogger dan internet marketer. Tertarik dengan teknologi pada umumnya, pengembangan website dan gadget pada khususnya.