Pilihan 6 CDN Gratis Untuk WordPress

Memiliki situs WordPress yang cepat menjadi salah satu tujuan yang harus dicapai oleh webmaster. CDN bisa menjadi salah satu “jembatan” untuk mencapai tujuan tersebut. Pertanyaannya adalah apa saja pilihan CDN gratis untuk WordPress?

Apa itu CDN? Content Delivery Network (CDN) secara singkat adalah layanan jaringan pendistribusian konten yang memiliki pusat data tersebar secara geografis dengan tujuan mendistribusikan konten dengan kinerja tinggi kepada pengguna akhir.

Contoh simpelnya adalah: server hosting yang Anda gunakan berada di Amerika sedangkan pengunjung website berasal dari Indonesia. Tanpa CDN, untuk melakukan akses katakanlah ada waktu 5 detik. Dengan CDN, distribusi konten akan dilakukan oleh lokasi server CDN terdekat di Indonesia maka waktu akses akan menurun ke 2 detik.

Haruskah Menggunakan CDN?

Sebelum memutuskan menggunakan CDN untuk WordPress, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal:

Lokasi Server

Lokasi server hosting yang digunakan memegang peranan penting sebelum menggunakan CDN. Jika server hosting Anda berada di Indonesia dan target pengunjung dari Indonesia, tidak disarankan menggunakan CDN jika pihak CDN tidak memiliki lokasi server di Indonesia.

Contohnya seperti ini: server hosting di Indonesia dan server terdekat pihak CDN berada di Australia, maka pengunjung akan mendapatkan konten yang tersimpan di Australia, routing yang akan terjadi adalah Indonesia -> Australia -> Indonesia.

Hasilnya? waktu loading akan bertambah. Yang seharusnya bisa 2 detik namun karena harus routing ke Australia maka akan bertambah 1 detik sehingga total waktu akses 3 detik. Tidak efektif kan?

Pastikan memilih CDN yang memiliki lokasi server sama atau terdekat dengan lokasi target pengunjung. Ini sangat mutlak dan penting.

Jumlah Konten dan Pengunjung

Jika jumlah konten situs WordPress sedikit (gambar, css dan js) dan pengunjung harian sedikit maka tidak disarankan menggunakan CDN.

Manfaat Menggunakan CDN

Apapun akhirnya keputusan yang Anda ambil, CDN bagaimanapun juga tetap memberikan manfaat.

  1. Mengurangi beban server hosting terutama dalam melayani file statis (gambar, JavaScript dan CSS).
  2. Pengiriman konten semakin cepat dengan catatan sesuai dengan sasaran.
  3. Beberapa CDN menambahkan fitur keamanan (firewall) dan anti DDoS yang berguna untuk meningkatkan keamanan situs WordPress.
  4. Mengurangi latency jaringan.
  5. Analytic (menghitung jumlah pengunjung situs).

Pilihan CDN Gratis Untuk WordPress

1. Cloudflare

Cloudflare adalah raja CDN gratis. Bukan tanpa alasan Cloudflare menyandang status sebagai raja karena infrastruktur dan fitur yang dimiliki. Dan hebatnya, layanan CDN gratis Cloudflare memiliki fitur yang melimpah.

CDN Gratis Untuk WordPress
Cloudflare CDN gratis untuk WordPress

Berikut fitur yang bisa dinikmati secara gratis dari Cloudflare:

  • CDN.
  • Firewall.
  • Anti DDoS.
  • Optimasi cache.
  • Global server.
  • Filter bad bots.
  • Cache konten dan ada pilihan purge cache.
  • Rocket loader (fitur async JavaScript).
  • Sertifikat SSL gratis.
  • DNS yang paling cepat.
  • Page rules.

Jumlah server CDN atau Points of Presence (PoPs) yang dimiliki sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia. Cloudflare sudah memiliki lokasi PoPs di Cengkareng Jakarta. Jika beruntung, penggunana gratis bisa dilayani melalui server Jakarta namun bukan prioritas.

Saat ini kelemahannya Cloudflare adalah bermasalah dengan provider internet terbesar di Indonesia yaitu Indihome dan beberapa provider lainnya. Pengunjung website yang menggunakan Indihome sulit mengakses website yang berada di balik CDN Cloudflare.

Baca juga: Pengaturan Cloudflare untuk Performa Terbaik WordPress

2. Statically

Statically sebenarnya bukan penyedia CDN. Statically adalah sebuah layanan gratis yang menjembatani sebuah website yang ingin menggunakan CDN dari beberapa provider CDN besar yang sudah ada.

Jadi jika website Anda memasang Statically, maka konten statis situs Anda akan ditempatkan oleh Statically ke beberapa CDN yang sudah terintegrasi dengan Statically.

CDN Gratis Untuk WordPress
Statically CDN gratis untuk WordPress

Dan mantapnya, Statically saat ini sudah terintegrasi dengan layanan CDN premium kelas dunia seperti:

  • Cloudflare.
  • Fastly.
  • BunnyCDN.
  • Google Cloud CDN.
  • Amazon CloudFront.

Dan Anda bisa memanfaatkan secara gratis dan tanpa batas! Dan okenya lagi, developer Statically berasal dari Indonesia.

3. Anyone CDN

Satu lagi layanan integrasi CDN buatan developer asal Indonesia. Anyone CDN memiliki fungsi yang sama dengan Statically. Mereka menjembatani website WordPress dengan layanan CDN premium yang bisa dimanfaatkan dengan gratis. Fitur yang bisa dinikmati dari Anyone CDN bisa dilihat dari gambar berikut ini.

CDN Gratis Untuk WordPress
Anyone CDN CDN gratis untuk WordPress

4. Shift8 CDN

Shift8 CDN adalah pilihan CDN gratis untuk WordPress berikutnya. Anda bisa mengintegrasikan layanan Shift8 CDN dengan situs WordPress Anda menggunakan plugin resmi mereka.

Hanya sayangnya meski layanan Shift8 CDN gratis, ada batasan dalam jumlah bandwidth yang digunakan dalam 1 bulan yaitu 1 TB sehingga kurang cocok untuk website dengan pengunjung yang sudah membludak.

Untuk lokasi server PoPs mungkin tidak akan sebanyak CDN lain namun mereka sudah memiliki server di Singapura yang artinya bisa digunakan untuk website dengan target pengunjung Indonesia.

CDN Gratis Untuk WordPress
Lokasi PoPs Shift8 CDN

5. QUIC.cloud

QUIC.cloud adalah CDN milik LiteSpeed. QUIC.cloud menurut kami adalah salah satu CDN gratis untuk WordPress yang terbaik. Jika CDN lain hanya melayani file statis, QUIC.cloud bisa melayani file HTML di CDN hanya dengan menekan tombol aktif.

CDN lain bisa melayani file HTML dalam CDN mereka namun membutuhkan pengaturan khusus. Di QUIC.cloud, Anda tinggal mengaktifkan saja dengan klik tombol aktif.

Fitur yang diberikan pun lengkap, berikut ini beberapa fitur QUIC.cloud:

  • CDN.
  • Firewall (anti DDoS dan brute force).
  • Optimasi gambar kelas premium tanpa batas.
  • Optimasi file statis.

Namun untuk menggunakan layanan QUIC.cloud, sebuah situs WordPress diwajibkan menggunakan plugin LiteSpeed cache. Satu-satunya cara untuk menggunakan QUIC.cloud saat ini memang harus terintegrasi melalui plugin tersebut.

CDN Gratis Untuk WordPress
Kuota QUIC.cloud CDN

Dan penggunaan gratisnya ada kuota. Saat ini kuota bulanan yang bisa dinikmati adalah sebesar 10 GB. Cukup untuk website kecil hingga kelas menengah. Jika kuota habis, maka otomatis layanan CDN akan dinonaktifkan hingga reset bulan berikutnya.

Baca juga: Cara Setting CDN QUIC Cloud di WordPress

6. ArvanCloud

ArvanCloud bisa menjadi alternatif CDN gratis berikutnya. Penggunaan gratis akan tetap mendapatkan fitur premium namun terbatas berdasarkan kuota bulanannya.

Berikut ini beberapa fitur CDN ArvanCloud:

  • CDN.
  • Firewall (anti DDoS, WAF).
  • Optimasi cache.
  • Sertifikat SSL gratis.
  • Analytics.
  • Optimasi gambar.

Berapa kuota yang didapatkan bisa dimanfaatkan di CDN ArvanCloud? Bisa dilihat di gambar berikut ini.

CDN Gratis Untuk WordPress
Kuota CDN gratis untuk WordPress dari ArvanCloud

Kesimpulan

Pilihan CDN gratis untuk WordPress diatas kami berikan berdasarkan pengalaman pribadi ganti-ganti CDN. Semua yang kami sebutkan diatas sangat ideal untuk digunakan di website berbasis WordPress. Sangat disarankan untuk mencobanya satu per satu untuk mencari mana yang paling pas untuk website Anda.

Jika Anda ingin mencoba CDN level premium berbayar dengan fitur melimpah dan memiliki harga murah, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan BunnyCDN.

Bagikan

Tinggalkan komentar